Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/12/2022, 14:15 WIB
Serafinus Sandi Hayon Jehadu,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

SIKKA, KOMPAS.com - Bukit Nilo dikenal sebagai salah satu tempat wisata religi yang bisa dikunjungi, khususnya umat Katolik di Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Tempat wisata ini berada di Maumere, tepatnya di Desa Wuliwutik, Kecamatan Nita, Kabupaten Sikka. Lokasinya berjarak sekitar 10-11 kilometer dari Bandara Frans Xavier Seda di Maumere, dengan durasi berkendara hampir 30 menit.

Baca juga:

Udara di Bukit Nilo terasa sejuk karena letaknya di ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut (mdpl). Dari tempat ini, pengunjung juga bisa melihat keindahan Kota Maumere, ibu kota Kabupaten Sikka.

Di Bukit Nilo terdapat patung Bunda Maria Segala Bangsa setinggi 28 meter sehingga hampir setiap akhir pekan umat Katolik dari berbagai daerah datang untuk berziarah. 

"Suasana di Bukit Nilo sangat tenang. Sehingga kita bisa berdoa dengan khusyuk," ucap salah seorang pengunjung asal Flores Timur bernama Yurgo Purab saat ditemui Kompas.com belum lama ini.

Baca juga: 7 Patung Yesus Tertinggi di Dunia, Ada yang dari Indonesia

Selepas berziarah, pengunjung juga bisa menyempatkan diri untuk berfoto sebagai kenang-kenangan. Apalagi lokasinya terbilang Instagramable, salah satunya berkat aneka tanaman.

Bila ingin berkunjung ke Bukit Nilo, wisatawan diimbau untuk memastikan kendaraannya dalam kondisi aman dan prima karena jalannya akan berkelok, sempit, dan menanjak.

Namun, selama perjalanan, pengunjung dapat menikmati panorama pepohonan yang tumbuh di sekitar badan jalan.

Baca juga:

Yurgo menambahkan, ia selalu berkunjung ke Bukit Nilo setiap kali datang ke Kabupaten Sikka. Baginya, ada sesuatu yang kurang jika tidak menyempatkan diri untuk datang ke tempat ini.

"Banyak juga orang luar NTT yang datang ke sini. Mereka datang bersama keluarga bahkan rombongan," ujarnya.

Ia berharap, wisata religi Bukit Nilo tetap terjaga sehingga bisa menjadi salah satu ikon pariwisata ke depannya.

Baca juga: Wisata di Kota Bajawa NTT, Bisa ke Mana Saja?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com