Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/12/2022, 18:06 WIB

MALANG, KOMPAS.com - Wisatawan yang berkunjung ke Kota Malang pada musim libur akhir tahun atau Natal dan tahun baru (Nataru) 2023, diprediksi meningkat.

Hal itu diharapkan oleh Wali Kota Malang Sutiaji supaya dapat mendorong pertumbuhan ekonomi secara makro.

Ia melanjutkan bahwa berdasarkan laporan dari Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kota Malang, saat ini tingkat okupansi sektor usaha penginapan rata-rata mencapai 80 persen.

Baca juga: 10 Wisata di Kota Batu dan Malang, Pas Dikunjungi Saat Libur Nataru

Kondisi tersebut diprediksi terus meningkat dan sudah lebih baik dibanding pada saat melonjaknya kasus Covid-19 pada tahun sebelumnya.

Kenaikan ini diharapkan juga akan memberikan dampak positif terhadap sektor restoran. Sebab, peningkatan konsumsi wisatawan pada restoran juga akan meningkatkan pendapatan pajak Pemkot Malang.

"Ketika hotel meningkat, restoran juga mengiringi. Ini juga berpengaruh pada pendapatan pajak restoran, yang sudah melampaui target," kata Sutiaji pada Rabu (7/12/2022).

Pihaknya juga akan berkomitmen untuk memperkuat sektor pariwisata di wilayah Kota Malang. Sebagai informasi, salah satu destinasi wisata umum di Kota Malang yang saat ini terus dilakukan pembenahan yakni kawasan Kayutangan Heritage.

Wisatawan di Kota Malang diimbau patuh prokes

Selain itu, Sutiaji juga mengingatkan kepada masyarakat bahwa saat ini status pandemi Covid-19 masih belum berakhir. Para wisatawan diharapkan untuk tetap menerapkan protokol kesehatan penanganan Covid-19.

"Sektor pariwisata terus kita perkuat. Namun, juga tetap harus diingat, saat ini pandemi juga masih belum berakhir," katanya.

Baca juga: Wisata ke Malang, Kunjungi Spot Gerbong Trem di Kayutangan Heritage

Sebagai informasi, dari data Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Malang menunjukkan Tingkat Penghunian Kamar (TPK) hotel berbintang di Kota Malang, Jawa Timur, pada periode Oktober 2022 tercatat mengalami kenaikan sebesar 7,95 poin dibanding bulan sebelumnya.

Ilustrasi Kota Malang di malam hari.SHUTTERSTOCK/ASWIN RIZKY WARDHANA Ilustrasi Kota Malang di malam hari.

Pada periode Oktober 2022, TPK hotel berbintang di wilayah itu sebesar 64,30 persen, lebih tinggi dibanding bulan sebelumnya sebesar 56,35 persen.

Sementara untuk rata-rata lama menginap tamu nusantara pada hotel berbintang di Kota Malang, pada periode yang sama tercatat sebesar 1,47 poin dan untuk tamu mancanegara sebesar 1,82 poin.

Baca juga: Pantai Parang Dowo di Malang: Jam Buka, Tiket Masuk, Aktivitas

Kemudian, rata-rata lama menginap tamu hotel berbintang di Jawa Timur pada Oktober 2022 tercatat 1,52 poin atau lebih tinggi dibanding Kota Malang, dan secara nasional juga lebih tinggi yakni mencapai 1,66 poin.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+