Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tips Berkunjung ke OMAH Library, Reservasi Dulu

Kompas.com - 29/05/2023, 12:50 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Jika mencari tempat yang tenang sekaligus bisa bersantai sambil baca buku, mampir ke OMAH Library di kawasan Kembangan, Tangerang bisa menjadi pilihan.

Nama tempatnya adalah OMAH Library, singkatan dari On Meeting Architecture Hub (OMAH). OMAH Library adalah perpustakaan pribadi yang dibuka untuk umum. Tidak hanya nyaman, perpustakaan ini punya bangunan yang unik. 

Pemiliknya adalah arsitek Realrich Sjarief dari RAW Architecture, yang pada awalnya membuka tempat ini untuk tempat para arsitek muda berkumpul dan belajar. 

"Ini semacam rumah bagi para arsitek yang ingin belajar dan menambah ilmu, serta bagi para pencinta buku. We give you space," ujar Rich, saat ditemui Kompas.com, Jumat (26/5/2023). 

Baca juga:

OMAH Library berlokasi di Taman Villa Meruya, Kecamatan Karang Tengah, Kota Tangerang, Banten.

Sebelum datang berkunjung, kamu harus melakukan reservasi terlebih dahulu secara daring (online), dengan jam kunjungan yang juga dipilih. 

Tips ke OMAH Library

Sofa di ruang baca OMAH Library, Meruya, Tangerang. KOMPAS.com/FAQIHAH MUHARROROH ITSNAINI Sofa di ruang baca OMAH Library, Meruya, Tangerang.

Tertarik untuk membaca, mengerjakan tugas, rapat, atau sekadar mampir menikmati suasananya, berikut beberapa tips yang bisa diperhatikan. 

1. Cari informasi atau riset dulu

Sebelum berkunjung baik untuk belajar, membaca, ataupun sekedar mampir, Rich menyarankan untuk melakukan riset terlebih dahulu. 

"Pertama, do research dulu kali, ya. Karena informasi tentang OMAH dan Guha (bangunan tempat OMAH) itu di luar sana sudah banyak. Kalau tahu konteksnya, belajar di sini bisa lebih enak," ujar dia. 

Baca juga: KAI Punya Perpustakaan Berjalan di Gerbong Kereta, Mau Coba Naik?

Terutama bagi para arsitek muda, ia harap bisa mengenal dan mencaritahu informasinya sebelum datang. Adapun bagi pengunjung umum, bisa caritahu soal informasi reservasi, jam buka, dan lainnya lewat Instagram OMAH Library.

"Kalaupun sekedar berkunjung juga enggak apa-apa, bisa ajak teman supaya lebih menikmati tempatnya. Semoga bisa menginspirasi," imbuh Rich. 

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Halaman:


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com