Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Aktivitas Liburan di Biak Numfor, Lihat Telaga bak di Negeri Dongeng

Kompas.com - 26/06/2023, 16:14 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Potensi pariwisata di Kabupaten Biak Numfor, Papua, disebut tidak kalah indah dengan wisata lainnya yang ada di Indonesia bagian timur, menurut Bupati Kabupaten Biak Numfor Herry Ario Naap.

Guna membangun potensi wisata di kabupaten tersebut, Herry mengatakan, langkah awal yang ia lakukan yakni menata seluruh infrastruktur wisata di wilayah itu.

Baca juga:

"Mulanya, kami membentuk Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) untuk membina mereka (masyarakat). Kemudian barulah kami menata obyek wisata yang ada, serta melakukan tahap pembinaan dan promosi," tutur Herry dalam program Nusaraya Kompas.com di gedung Kompas Gramedia, Jakarta Pusat, Selasa (20/6/2023).

 

Saat ini Kabupaten Biak Numfor memiliki beragam tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. 

Herry menyebutkan setidaknya ada lima aktivitas wisata di Kabupaten Biak Numfor yang bisa dilakukan bila tengah liburan di wilaha itu. Berikut selengkapnya:

Aktivitas wisata di Biak Numfor

1. Lihat Telaga Biru dan Hijau

Telaga Samares, telaga biru di Kabupaten Biak Numfor. Dok. Shutterstock/IGuiNDA Telaga Samares, telaga biru di Kabupaten Biak Numfor.

Herry mengatakan, di Biak Numfor ada telaga yang indah layaknya di negeri dongeng. Telaga ini menarik dikunjungi karena tampak berwarna hijau dan biru.

"Ada telaga biru yang airnya biru, ada juga telaga hijau. Kami sebut negeri dongeng karena di sana ada pohon-pohon yang indah dan di dalam air itu tumbuh rumput warna hijau," tuturnya.

Bila tertarik melihat telaga biru, wisatawan bisa mampir ke Telaga Biru Samares. Lokasinya ada di Kampung Sepse, Kecamatan Biak Timur, Kabupaten Biak Numfor, Papua.

Sementara itu, bila tertarik melihat telaga hijau, wisatawan bisa mampir ke Telaga Snermas. Lokasinya ada di Kampung Saukobye, Kecamatan Biak Utara, Kabupaten Biak Numfor, Papua.

Baca juga: Panduan Transportasi ke Biak Numfor, Jalur Udara dan Laut

Halaman Berikutnya
Halaman:


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com