Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penumpang Bandara AP II Diprediksi Capai 3,62 Juta Orang Saat Libur Panjang

Kompas.com - 28/06/2023, 16:26 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Bandara PT Angkasa Pura II (AP II) memprediksi penumpang pada periode libur panjang Idul Adha dan libur sekolah bisa mencapai 3,62 juta orang.

Adapun puncak libur panjang tersebut adalah selama 22 Juni-6 Juli 2023.

Berdasarkan catatan AP II, jumlah penumpang selama 22-26 Juni 2023 tercatat sudah mencapai 1,3 juta orang atau naik sekitar 7 persen dibandingkan dengan satu minggu sebelumnya atau 15-19 Juni 2023.

“Jumlah penumpang di bandara AP II sepanjang periode libur H-7 hingga H+7 Hari Raya Idul Adha ini kami perkirakan meningkat 7-10 persen dibandingkan dengan hari-hari normal,” ujar President Director AP II Muhammad Awaluddin dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Rabu (28/6/2023).

Baca juga:

Ia menambahkan, puncak keberangkatan menggunakan moda transportasi udara melalui bandara AP II akan terjadi pada 27-28 Juni 2023. 

Pada dua tanggal tersebut, penumpang diperkirakan mencapai sekitar 225.000 orang pada pada 27 Juni dan 256.000 orang pada 28 Juni.

"AP II bersama stakeholder di 20 bandara berkolaborasi erat untuk memastikan kelancaran keberangkatan dan kedatangan penumpang pada peak season libur panjang akhir pekan ini,” ujar Muhammad Awaluddin.

Target naik

Lebih lanjut, Awaluddin mengatakan peningkatan jumlah penumpang ini tidak hanya disebabkan oleh libur panjang, tetapi juga sejalan dengan dicabutnya status pandemi Covid-19 menjadi endemi pada 21 Juni 2023.

Ilustrasi liburan.Unsplash/Vidar Nordli-Mathisen Ilustrasi liburan.

AP II pun berharap dicabutnya status pandemi ini akan memberikan dampak positif terhadap lalu lintas penerbangan. 

Awaluddin menyebutkan, pada awal tahun pihaknya menargetkan penumpang di 20 bandara AP II secara kumulatif dapat mencapai 73 juta orang pada 2023.

Baca juga: Kereta Api Sulawesi Selatan Jadi Sasaran Obyek Libur Sekolah

Dengan dicabutnya status pandemi, target tersebut dinaikkan 5 persen lebih banyak dari target awal.

"Kami optimistis jumlah penumpang pada 2023 dapat lebih banyak 5 persen dari target awal yakni menjadi 76,65 juta orang,” kata Awaluddin. 

Kendati demikian, AP II mengimbau penumpang tetap berhati-hati dan selalu menjalankan perilaku hidup sehat dan bersih. 

Seiring dengan pemulihan aktivitas penerbangan, AP II bersama maskapai akan mendorong pengaktifan kembali rute-rute penerbangan domestik yang sempat ditutup selama pandemi serta pembukaan rute-rute baru domestik. 

Baca juga: 10 Wisata di Dago Bandung yang Bisa Dikunjungi Saat Libur Sekolah 

Untuk diketahui, komposisi penumpang sepanjang 2023 adalah sebesar 70 persen penumpang rute domestik dan 30 persen penumpang rute internasional. 

“Wisatawan domestik sangat berperan dalam mendukung kebangkitan pariwisata nasional. Karena itu AP II bersama stakeholder khususnya maskapai akan memperkuat konektivitas di rute-rute domestik,” ujar Awaluddin. 

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com