Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

30.000 Wisatawan Kunjungi Sumatera Selatan Saat Libur Sekolah dan Idul Adha 2023

Kompas.com - 01/07/2023, 10:09 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

KOMPAS.com - Sekitar 30.000 wisatawan tercatat mengunjungi Sumatera Selatan saat periode libur sekolah dan libur Idul Adha 2023/1444 Hijriah. Angka tersebut menunjukkan peningkatan dari tahun 2022 lalu.

"Target kunjungannya meningkat 10-15 persen dari tahun lalu, tapi ini di luar perkiraan. Ada sekitar 30.000-an orang atau mencapai 75 persen dari target," tutur Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumatera Selatan, Aufa Syahrizal, dikutip dari Antara, Sabtu (1/7/2023).

Baca juga:

Aufa melanjutkan bahwa kenaikan jumlah kunjungan wisatawan terjadi selama seminggu terakhir, tepatnya mulai dari Kamis (22/6/2023) sampai Jumat (30/6/2023).

Wisatawan yang datang sebagian besar wisatawan nusantara dari Pulau Sumatera dan Pulau Jawa, serta dari sisi timur Indonesia.

Baca juga: Palembang Targetkan 2,2 Juta Kunjungan Wisatawan Selama 2023

Keindahan Danau Ranau di Sumatera Selatan. Shutterstock/Areza Taqwim Keindahan Danau Ranau di Sumatera Selatan.

Adapun kenaikan jumlah tersebut, menurutnya, berkaitan dengan adanya sejumlah kegiatan kepariwisataan dan kebudayaan yang diadakan selama periode yang sama, antara lain Festival Sriwijaya ke-31 di Benteng Kuto Besak dan Festival Reog Ponorogo di Jakabaring.

Tidak hanya itu, ia menilai bahwa sosialiasi obyek wisata alam dan religi yang aktif dan pembukaan rute penerbangan langsung dari Pulau Jawa ke Palembang juga memengaruhi peningkatan tersebut.

Baca juga:

Tentunya kehadiran sekitar 30.000 wisatawan tersebut membawa efek positif ke perekonomian daerah, mulai dari tingkat hunian hotel, oleh-oleh, dan agen perjalanan.

"Dari Festival Sriwijaya di Palembang kemarin saja transaksi keuangan hampir mencapai Rp 1 miliar," ujarnya.

Baca juga: Itinerary Seharian di Palembang, Eksplorasi Kawasan Jembatan Ampera

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com