Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bandara Ahmad Yani Semarang Segera Buka Lagi Penerbangan Internasional

Kompas.com - 14/07/2023, 14:35 WIB
Titis Anis Fauziyah,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

SEMARANG, KOMPAS.com - Penerbangan rute internasional dari Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang akan kembali dibuka.

Adapun rute internasional di Bandara Ahmad Yani sempat dihentikan sementara pada 2020 akibat pandemi covid-19.

Kendati demikian, belum ada tanggal resmi untuk pembukaan kembali rute internasional tersebut.

Baca juga:

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Semarang Guntur Sahat Hamonangan mengatakan, penerbangan rute internasional dari Bandara Ahmad Yani rencananya akan buka seminggu sekali terlebih dahulu untuk penerbangan umrah.

"Jadwalnya belum dapat, tetapi (rencananya) seminggu sekali dulu, dibuka untuk umrah dulu," kata Guntur saat ditemui di kantornya, Kamis (13/7/2023).

Ia mengaku sering mendapatkan pertanyaan kapan rute penerbangan internasional dari Bandara Ahmad Yani akan dibuka.

Menurutnya, pembukaan kembali rute internasional dari Semarang akan sangat baik, sebab banyak warga setempat yang bisa melakukan perjalanan luar negeri secara langsung.

"Orang Semarang banyak yang direct penerbangan ke luar negeri," tuturnya.

Baca juga:

Terkait rencana ini, Guntur mengatakan pihaknya telah menggelar rapat dengan PT Angkasa Pura. Selain itu, sedang dilakukan pula sejumlah persiapan dan penyesuaian.

Hal ini termasuk mengaktifkan kembali pemeriksaan imigrasi di Bandara Ahmad Yani.

"Kami siapkan lagi pemeriksaan imigrasi di bandara lagi ya terkait ini. Tapi nanti tunggu izin dari Kemenhub (Kementerian Perhubungan)," ucap Guntur.

Penerbangan umrah dengan Lion Air

Adapun maskapai penerbangan Lion Air dalam waktu dekat juga akan meluncurkan penerbangan perdana untuk umrah dari Jawa Tengah, langsung dari Semarang dan Solo.

Dikutip dari keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, penerbangan ini nantinya akan menggunakan pesawat-pesawat terbaru Lion Air yang dikirimkan dari pabrikan pesawat, termasuk armada berbadang sedang Boeing 737-9, serta armada berbadan besar seperti Airbus 330-300 dan Airbus 330-900NEO.

Baca juga: 8 Oleh-oleh Haji dan Umrah di Pasar Tanah Abang, Ada Air Zamzam

Penerbangan menuju Jeddah dan Madinah ini direncanakan akan tersedia dari dua bandar udara di Jawa Tengah, yaitu Bandara Ahmad Yani, Semarang untuk cakupan area Jawa Tengah bagian utara dan barat dan Bandar Udara Internasional Adi Soemarmo Solo di Boyolali untuk Jawa Tengah bagian tengah, timur dan selatan.

@kompastravel Membalas @fin.458_ Kurang lebih seperi itu guys etika menggunakan travelator. Pada intinya balik lagi kepada aturan yang telah ditetapkan di tempat kamu berada. Happy traveling ya guys! #travelerlife #traveldiaries #airportlife #solotrip #bandarasoekarnohatta ? Obituary - Alexandre Desplat
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com