Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sejumlah Maskapai Bantu Evakuasi Korban Kebakaran Maui Hawaii hingga Beri Tarif Murah

Kompas.com - 13/08/2023, 10:54 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sejumlah maskapai membantu evakuasi kebakaran di Pulau Maui, Hawaii.

American Airlines dan United Airlines, misalnya, telah mengumumkan akan mengirimkan pesawat ke Maui untuk membantu evakuasi mereka yang terdampak, seperti dikutip dari Simple Flying.

United Airlines mengirimkan pesawat kosong tanpa penumpang, sementara American Airlines mengoperasikan penerbangan regular ke pulau tersebut dan menambah penerbangan dengan armada berukuran besar.

Baca juga: Mengenal Pulau Maui Hawaii Alami Kebakaran Hutan, 80 Orang Tewas

Sedangkan maskapai penerbangan Hawaii Air menambah penerbangan serta menawarkan tiket pesawat murah senilai 19 dolar Amerika Serikat atau sekitar Rp 291.147 untuk tarif kabin utama.

Ini dilakukan dalam rangka membantu evakuasi kebakaran di Pulau Maui, Hawaii.

"Kami melakukan apa yang bisa kami lakukan untuk menyediakan sumber daya untuk membantu karyawan kami dan melakukan apapun yang kami bisa untuk pelanggan kami," kata CEO Hawaiian Air, Peter Ingram, dikutip dari Hawaiinewsnow.com, Minggu (13/8/2023).

Ia menambahkan, maskapai juga menawarkan fleksibilitas bagi calon penumpang mengubah rute perjalanannya dari atau ke Maui.

Baca juga: Kebakaran Hawaii, Kota Bersejarah Ini Luluh Lantak 

Banyak pihak bantu evakuasi

Menyikapi peristiwa ini, negara bagian mengatakan sedang mempersiapkan bantuan untuk memindahkan wisatawan yang tidak bisa kembali ke rumah mereka ke Hawaii Convention Center.

Hawaii Convention Center ini nantinya tidak hanya akan menampung wisatawan, tetapi juga menampung penduduk Maui.

Bala bantuan juga datang dari Otoritas Pariwisata Hawaii yang juga bekerja sama dengan Palang Merah Amerika.

Area persiapan evakuasi massal didirikan di Maui pada Rabu (9/8/2023) sore, serta menyediakan bus antar jemput dari Bandara Honolulu menuju Hawaii Convention Center setiap 20 menit.

Baca juga: Kebakaran Hawaii, Simak 6 Fakta Kota Lahaina yang Jadi Lokasi Kejadian

Petugas mengatakan proses evakuasi massal akan dilanjutkan pada Kamis (10/8/2023) pagi untuk mengevakuasi wisatawan dan penduduk di bagian Maui Barat.

Bus untuk evakuasi ini sudah berada di Whalers Village di depan Kaanapali Parkway mulai pukul 08.30 waktu setempat.

Pemandangan Kota Lahaina, di Maui, Hawaii sebelum musibah kebakaranShutterstock/Zane Vergara Pemandangan Kota Lahaina, di Maui, Hawaii sebelum musibah kebakaran

Wisatawan nantinya akan diantar ke Bandara Kahului, sementara penduduk akan diantar ke pusat penampungan Maui.

Proses antar jemput ini menggunakan bus besar jenis Roberts Hawaii Motor Coaches. Bus antar jemput ini nantinya akan ditambah sesuai dengan kebutuhan di lapangan.

Baca juga: Kebakaran Hutan Hawaii: 53 Tewas, Pulau Maui Hangus bak Gurun Pasir

Pemerintah Kabupaten Maui menyarankan wisatawan untuk meninggalkan Lahaina dan Maui secara bersamaan, sehingga sumber daya yang hanya terbatas itu bisa digunakan untuk membantu penduduk.

Dampak kebakaran di Maui, Hawaii

Dilansir dari CNN, Gubernur Hawaii Josh Green mengatakan korban kebakaran di Maui, Hawaii per Sabtu (12/8/2023) malam tercatat sebanyak 89 orang.

Menurut penelitian National Fire Protection Association, kebakaran di Maui menjadi kebakaran hutan paling mematikan di Amerika Serika sepanjang 100 tahun belakangan.

Baca juga: Mengenal Pulau Maui Hawaii Alami Kebakaran Hutan, 80 Orang Tewas

Josh Green mengatakan jumlah korban diperkirakan akan meningkat sejalan dengan proses pencarian yang dilakukan oleh tim di lapangan.

@kompastravel Spot ini sebetulnya sudah ada sejak beberapa tahun lalu, tapi ga nyangka ternyata bisa se-comfortable itu untuk menghabiskan waktu hingga matahari tenggelam. Sudah ada yang pernah ke sini? #wisatajaka #wisatakotatuajakarta #explorejakarta #kalibesarkotatua ? Santai - NonaRia
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com