Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Garuda Indonesia Kembali Layani Penerbangan Umrah Surabaya-Jeddah PP

Kompas.com - 11/09/2023, 12:54 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Maskapai penerbangan Garuda Indonesia resmi melayani kembali rute penerbangan ke Arab Saudi dari Surabaya, mulai Senin (11/9/2023). Penerbangan menggunakan armada A330-900 melalui rute penerbangan Surabaya-Jeddah pergi-pulang (PP).

Rute ini sebagai bagian dari inisiatif perusahaan dalam memperluas jaringan penerbangan umrah dari lima kota besar di Indonesia yakni Banda Aceh, Kertajati, Yogyakarta, Makassar, dan Surabaya.

Baca juga:

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra menyampaikan, rute ini bertujuan memenuhi kebutuhan akan aksesibilitas udara bagi masyarakat, khususnya umat muslim yang akan melaksanakan perjalanan ibadah di Tanah Suci.

"Rute penerbangan dari Surabaya menuju Jeddah ini kiranya mampu menjadi nilai tambah bagi masyarakat di wilayah Jawa Timur, terutama dari segi kemudahan akses menuju bandara yang semakin efisien waktu, termasuk durasi perjalanan menuju Tanah Suci tanpa harus transit di kota lain yang memerlukan waktu lebih panjang," terang Irfan dalam keterangannya, Senin. 

Baca juga: Garuda Indonesia Buka Penerbangan Umrah dari Bandara Kertajati

Jadwal Garuda Indonesia rute Surabaya-Jeddah PP

Pesawat Garuda Indonesia yang melayani penerbangan umrah dari Bandara Kertajati di Majalengka, Jawa Barat, ke Jeddah, pada Minggu (6/8/2023).Dok. Garuda Indonesia Pesawat Garuda Indonesia yang melayani penerbangan umrah dari Bandara Kertajati di Majalengka, Jawa Barat, ke Jeddah, pada Minggu (6/8/2023).

Penerbangan Surabaya-Jeddah PP ini akan dilayani setiap dua kali per minggu, yaitu setiap hari Senin dan Kamis. Penerbangan inin menghubungkan Bandara Internasional Juanda Surabaya di Sidoarjo, Jawa Timur, dengan Bandara Internasional King Abdulaziz di Jeddah.

"Menggunakan pesawat berbadan lebar (wide-body) jenis Airbus 330-900neo yang memiliki kapasitas sebanyak 295 penumpang," kata Irfan. 

Berikut rincian jadwalnya:

  • Pesawat bernomor GA984 berangkat dari Surabaya pukul 07.50 WIB dan tiba di Jeddah pukul 14.25 waktu setempat.
  • Pesawat bernomor GA985 berangkat dari Jeddah pukul 16.30 waktu setempat dan tiba di Surabaya keesokan harinya pukul 10.20 WIB.

Baca juga: Garuda Indonesia Buka Penerbangan Umrah dari Makassar

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com