Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Museum Nasional, Ini 8 Museum Unik di Indonesia yang Punya Koleksi Tak Biasa

Kompas.com - 12/10/2023, 11:40 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Hari Museum Nasional jatuh tepat pada hari ini, Kamis 12 Oktober 2023, dan diperingati setiap tahunnya. Penetapan Hari Museum Nasional dilakukan saat Musyawarah Museum se-Indonesia yang berlangsung pada 12-14 Oktober 1962 di Yogyakarta.

Indonesia mempunyai banyak museum yang tersebar di berbagai kota. Pada umumnya museum berisi koleksi benda bersejarah dan artefak kuno.

Baca juga:

Namun demikian, ada sejumlah museum unik di Indonesia yang memiliki koleksi tidak biasa. Kompas.com merangkum sejumlah museum unik di Indonesia, sebagai berikut:

1. Museum Nyamuk, Pangandaran

Mini bioskop yang berada di museum Nyamuk Pangandaran.KOMPAS.com/CANDRA NUGRAHA Mini bioskop yang berada di museum Nyamuk Pangandaran.

Apakah kamu pernah membayangkan sebuah museum yang berisi koleksi tentang beragam jenis nyamuk? Jika penasaran, wisatawan bisa berkunjung ke Museum Nyamuk yang berada di Kampung Babakan, Kecamatan Pangandaran, Kabupaten Pangandaran.

Mengutip Kompas.com (22/6/2019), museum ini didirikan untuk edukasi mengenai bahaya nyamuk serta beragam penyakit yang ditimbulkan, seperti malaria, demam berdarah, dan chikungunya. 

Museum ini dilengkapi dengan koleksi berbagai jenis nyamuk berbahaya, insektarium, laboratorium, mini bioskop, perpustakaan, tompen atau tanaman obat malaria dan pengusir nyamuk.

2. Museum Sisa Hartaku, Yogyakarta

Motor-motor akibat erupsi di Museum Sisa HartakuKOMPAS.com/NUR ROHMI AIDA Motor-motor akibat erupsi di Museum Sisa Hartaku

Nama Museum Sisa Hartaku tentunya sudah familiar di kalangan wisatawan. Museum ini merupakan saksi keganasan letusan Gunung Merapi pada 2010 lalu.

Alih-alih menemukan koleksi benda bersejarah, pengunjung akan menjumpai harta benda masyarakat yang tersisa akibat letusan Gunung Merapi. Mulai dari perabotan rumah tangga, motor, runtuhan bangunan rumah, tulang belulang hewan, dan sebagainya.

Jika pada umumnya sebuah museum berupa gedung, namun Museum Sisa Hartaku justru menempati runtuhan rumah akibat letusan Gunung Merapi. Jadi, para pengunjung bisa membayangkan keganasan letusan Gunung Merapi kala itu.

3. Museum Kolong Tangga, Yogyakarta

Museum Kolong Tangga di Yogyakarta, salah satu museum unik di IndonesiaWikimedia Commons Museum Kolong Tangga di Yogyakarta, salah satu museum unik di Indonesia

Masih berada di Yogyakarta, masyarakat bisa menjumpai museum unik lainnya yakni Museum Kolong Tangga. Alamatnya berada di Taman Budaya Jalan Sriwedari, Kota Yogyakarta.

Melansir dari Dinas Kebudayaan Yogyakarta, museum ini berisi koleksi mainan anak tradisional. Nama museum disematkan lantaran letaknya berada persis di bawah tangga gedung Concert Hall lantai dua, Taman Budaya Yogyakarta.

Museum Kolong Tangga merupakan museum permainan anak tradisional pertama di Indonesia. Museum ini diprakarsai oleh Rudi Corens, seniman berkebangsaan Belgia yang turut prihatin dengan kondisi anak zaman sekarang lantaran melupakan budaya dan tradisi, termasuk permainan anak tradisional.

4. Museum Tsunami, Aceh 

Pengunjung berada di dalam Sumur Doa, ruangan paling sakral di Museum Tsunami, Banda Aceh, Selasa (29/11/2022).KOMPAS.com/FIKRIA HIDAYAT Pengunjung berada di dalam Sumur Doa, ruangan paling sakral di Museum Tsunami, Banda Aceh, Selasa (29/11/2022).

Museum Tsunami menjadi tempat yang wajib dikunjungi untuk mengenang peristiwa tsunami Aceh. Museum rancangan Ridwal Kamil ini  berlokasi di Jalan Sultan Iskandar Muda, Sukaramai, Banda Aceh

Mengutip Kompas.com (4/12/2022), tidak hanya memuat foto-foto peristiwa tsunami 18 tahun silam, pengunjung juga diajak merasakan kembali detik-detik munculnya gelombang tsunami yang meluluhlantakkan Serambi Mekkah.

Adapun Museum Tsunami terbagu menjadi empat lantai. Di masing-masing lantai terdapat empat hingga lima zona. Namun, lantai paling atas ditutup untuk umum dan baru akan dibuka untuk evakuasi jika terjadi tsunami.

Salah satu ruangan di Museum Tsunami yang paling sakral adalah Sumur Doa. Di dalam ruangan berbentuk lingkaran dan langit-langit tinggi itu tertulis 3.600 nama korban tsunami Aceh pada dindingnya.

Baca juga:

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com