Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Miniatur Lokomotif Uap Terbesar Se-Indonesia Dipajang di Stasiun Bandung

Kompas.com - 11/11/2023, 12:22 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Miniatur cetak tridimensi Lokomotif Uap seri DD5208, yang memecahkan rekor MURI (Museum Rekor Dunia Indonesia) sebagai ukuran miniatur terbesar di Indonesia, tengah dipamerkan di Stasiun Bandung, Jawa Barat.

"Rangkaian roadshow ini dipamerkan di area hall utara Stasiun Bandung selama sebulan ke depan hingga 10 Desember (2023) mendatang," ujar Manager Humas Daop 2 Bandung, Mahendro Trang Bawono, dikutip dari keterangan resmi, Sabtu (11/11/2023). 

Baca juga:

Sebagai informasi, miniatur lokomotif uap dengan skala 1:4 dan ukuran panjang kurang lebih enam meter serta lebar 80 sentimeter ini sebelumnya telah berkeliling ke beberapa destinasi di Pulau Jawa.

Tempat pertama kali ia dipamerkan adalah di Museum Lawang Sewu pada Juli 2023.

Kemudian, miniatur berpindah pameran ke Stasiun Surabaya Gubeng pada Agustus 2023.

Selanjutnya, ditampilkan di Stasiun Yogyakarta Tugu pada September 2023, dan Stasiun Purwokerto pada Oktober 2023.

Sarana sosialisasi dan edukasi

Miniatur lokomotif terbesar se-Indonesia berbentuk Lokomotif uap DD52 yang ada di Museum Lawang Sewu di Semarang, Jawa Tengah.Dok. PT KAI Miniatur lokomotif terbesar se-Indonesia berbentuk Lokomotif uap DD52 yang ada di Museum Lawang Sewu di Semarang, Jawa Tengah.

Untuk diketahui, kegiatan roadshow ini merupakan kerja sama komunitas Indonesian Railway Preservation Society (IRPS), PT Kereta Api Indonesia atau KAI (Persero), dan PT Tridi Zaiku Indonesia (3D Zaiku).

Seperti halnya roadshow di kota lainnya, roadshow Bandung juga dibuka dengan seremoni di pelataran Stasiun Bandung pada hari pertama roadshow, Kamis (9/11/2023) lalu. 

Mahendro mengatakan bahwa pameran ini bertujuan untuk menyosialisasikan sejarah perkeretaapian dan sebagai edukasi kepada masyarakat.

"Khususnya bagi pelanggan KA (kereta apo) yang berada di lingkungan stasiun sehingga bisa mengenal nilai sejarah perkeretaapian Indonesia," ujar dia. 

Ia melanjutkan, kehadiran pameran miniatur lokomotif terbesar ini juga diharapkan dapat menjadi sarana hiburan bagi penumpang KA di Stasiun Bandung.

Baca juga:

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com