Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hindari Macet Saat Liburan, Wisatawan Diimbau Naik Transportasi Umum

Kompas.com - 26/12/2023, 14:02 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengimbau masyarakat untuk naik transportasi umum saat hendak berwisata pada libur Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Menurut dia, naik transportasi umum jadi langkah antisipasi macet menuju destinasi wisata selama musim libur.

“Tidak (macet tidak jadi penghalang untuk berlibur). Disarankan untuk naik transportasi umum,” kata Sandiaga saat kunjungannnya ke Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, Selasa (26/12/2023).

Baca juga: Kasus Covid-19 Naik, Sandiaga Sebut Belum Ada Pembatasan Wisatawan

Selain itu, tambahnya, wisatawan juga disarankan untuk memanfaatkan fasilitas transportasi gratis yang memobilisasi wisatawan menuju tempat wisata.

Ia mencontohkan seperti halnya transportasi gratis berupa shutttle bus yang disediakan oleh TMII dari Stasiun LRT menuju TMII, begitu juga untuk rute sebaliknya.

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas Travel (@kompas.travel)

“Jangan khawatir untuk macet, apalagi yang (macet) sampai berjam-jam. Saya tetap menyarankan naik transportasi umum, walaupun sudah disiapkan kantong-kantong parkir yang cukup (di TMII),” katanya.

Ada fasilitas transportasi gratis ke TMII

Diberitakan sebelumnya oleh Kompas.com (25/12/2023) bahwa selama pekan libur Nataru TMII menyediakan tambahan fasilitas transportasi gratis rute Stasiun LRT-TMII pergi pulang (PP).

Baca juga: Sandiaga Usulkan Bebas Visa Kunjungan untuk 20 Negara, Termasuk China

Humas TMII Novera Mayang Sari menyampaikan bahwa ada penambahan satu unit bus berukuran sedang, dari yang semula hanya ada dua unit shuttle. Sehingga total shuttle yang beroperasi ada tiga unit.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno saat berkunjung ke Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur, Selasa (26/12/2023).Kompas.com/Suci Wulandari Putri Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno saat berkunjung ke Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur, Selasa (26/12/2023).

Selain itu, kata Mayang, TMII juga menambah bus listrik wara wiri untuk mobilisasi pengunjung selama berada di dalam kawasan TMII.

“Ada (penambahan) dua bus listrik berkapasitas 40 orang untuk duduk dan 30 orang berdiri,” kata Mayang kepada Kompas.com melalui telepon, Senin (25/12/2023).

Baca juga: Sandiaga Targetkan 200-250 Juta Pergerakan Wisnus Saat Nataru 2024

Penambahan shuttle dan bus listrik, kata Mayang, diharapkan bisa mengangkut lebih banyak pengunjung di TMII di tengah kenaikan angka kunjungan pada periode libur Nataru.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com