Apa Itu Buras? Makanan Mirip Ketupat Khas Masyarakat Bugis

Kompas.com - 24/05/2020, 16:02 WIB
Ilustrasi buras Antomuda / shutterstockIlustrasi buras

JAKARTA,KOMPAS.com - Sekilas buras mirip dengan lontong, ketika dibuka makanan ini juga mirip dengan ketupat.

Buras merupakan makanan khas dari Suku Bugis yang berbahan dasar beras, rasanya terkenal gurih dan sering dijadikan pendamping makanan berkuah.

Baca juga: Resep Nastar Anti Gagal ala Hotel, Yuk Buat di Rumah

Eksekutif Chef Suwanta dari Hotel Four Points by Sheraton Makassar menjelaskan apa itu buras.

" Buras adalah makanan khas dari Suku Bugis yang terbuat dari beras dan lebih pendek dari lontong," papar Suwana kepada Kompas.com, Minggu (24/5/2020).

Berbeda dengan lontong serta ketupat yang terasa agak tawar, buras memiliki rasa yang lebih gurih. Hal ini disebabkan penggunaan santan yang cukup royal.

Suwana menyebutkan buras juga sering dimasak menggunakan parutan kelapa dan gula. 

Bila lontong biasanya disajikan dengan opor atau sate, berbeda dengan buras.

Baca juga: Ketupat Identik dengan Lebaran, Kenapa?

 

Di Makassar, buras sering disajikan atau disantap bersama sup konro, coto Makassar hingga menjadi makanan pendamping makan bakso.

"Orang sini (Makassar) jika makan bakso akan tetap menyantapnya bersama buras walaupun sudah ada bihun di dalam baksonya," papar Suwana.

Ilustrasi buras, ketupat, dan coto makassar. Dok. Shutterstock/Ika Koentjoro Ilustrasi buras, ketupat, dan coto makassar.

Baca juga: Cara Membuat Lontong dan Tips Menyimpan agar Tidak Mudah Basi

Makanan ini menjadi makanan yang wajib hadir di dalam acara hajatan atau acara besar Suku Bugis.

Sebut saja acara pertunangan, pernikahan, tahlilan, dan acara penting lainnya. Biasanya saat acara-acara tersebut, buras akan disantap sebagai kudapan, tanpa makanan pendamping.

Uniknya buras sebenarnya tidak punya isian, jadi isinya hanya nasi saja.

Untuk memasak buras, beras akan dimasak bersama santan hingga matang. Kemudian jika sudah matang, beras di bungkus dengan daun pisang dan dimasak kembali selama 45 menit.

Baca juga: Resep Opor Ayam, Sajian Wajib untuk Hari Raya Lebaran



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X