Apa Itu Waffle? Makanan Khas Negara Mana dan Sejarahnya

Kompas.com - 28/05/2020, 17:35 WIB
Waffle Liege ShutterstockWaffle Liege

KOMPAS.com – Waffle jadi salah satu makanan yang populer dijadikan sarapan selain pancake di banyak negara di dunia. Namun, apa itu waffle dan dari mana asalnya?

Dilansir dari Culture Trip, waffle jadi salah satu hal yang membuat negara Belgia terkenal. Kamu mungkin sering mendengar istilah Belgian waffle atau waffle khas Belgia.

Baca juga: Taiyaki, Waffle Ikan Khas Jepang

Namun ternyata, kamu tidak pernah benar-benar memakan sebuah waffle Belgia. Bisa jadi kamu saat itu memakan waffle Brussels yang berbentuk persegi.

Waffle Brussels ini jadi waffle yang biasanya disajikan di banyak negara dengan beragam jenis topping manis dan jadi sajian sarapan.

Atau bisa juga kamu menikmati waffle Liege, “saudara sepupu” dari waffle Brussels yang berbentuk oval.

Waffle Brussels berbentuk persegi dengan lubang-lubang sempurna serta adonan yang mengembang. Sementara waffle Liege, cukup berbeda karena sekilas terlihat jauh lebih tipis.

Waffle Liege dibuat dari adonan brioche dan ditambahkan potongan gula karamel di dalamnya. Membuat waffle Liege punya rasa yang kaya dan lengket di bagian dalam.

Ilustrasi waffle biasa dengan topping sirup maple dan ayam goreng khas AmerikaShutterstock Ilustrasi waffle biasa dengan topping sirup maple dan ayam goreng khas Amerika

Sejarah waffle Brussels

Seperti halnya banyak resep legendaris, tanggal pasti dari kelahiran waffle Brussels serta siapa penciptanya tak diketahui.

Tulisan yang menyebut soal waffle Brussels pertama kali ada pada tahun 1874. Namun bisa dibilang waffle Brussels bahkan sudah ada lebih lama dari itu.

Kata ‘waffle’ pertama kali muncul di literatur Brussels sejak tahun 1604, juga pada karikatur tentang kemerdekaan Belgia pada 1830.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X