Cerita Penumpang Pesawat di Masa PSBB: Kesulitan Dapat SIKM ke Jakarta

Kompas.com - 16/06/2020, 22:02 WIB
Ilustrasi kabin pesawat Think StockIlustrasi kabin pesawat


JAKARTA, KOMPAS.com - Beberapa maskapai penerbangan Indonesia telah memulai kembali operasional perjalanannya untuk penumpang umum.

Kendati demikian, para calon penumpang wajib melengkapi dokumen bersyarat agar dapat menggunakan jasa penerbangan.

Baca juga: Penumpang AirAsia Wajib Perhatikan 3 Aturan Ini Sebelum Terbang

Salah seorang penumpang pesawat Garuda Indonesia rute Yogyakarta-Jakarta, Aditya Waskito menceritakan pengalamannya naik pesawat pada Senin (15/6/2020).

Ia terbang dari Bandara Internasional Yogyakarta atau Yogyakarta International Airport, Kulon Progo pukul 09.00 WIB.

Jauh hari sebelum keberangkatannya, ia mengaku kesulitan mendapatkan Surat Izin Keluar Masuk ( SIKM) DKI Jakarta akibat server sempat lemah.

Baca juga: Belitung Buka Penerbangan Penumpang 15 Juni

"Saya transit dulu ke Jakarta dari Yogyakarta. Lalu Jakarta baru ke Sorong. Paling susah lebih ke dapatkan SIKM ya, syarat-syarat waktu itu lumayan banyak dan kadang-kadang server-nya mungkin overload jadi lemot," kata pria yang akrab disapa Itok ini saat dihubungi Kompas.com, Senin.

Ia mengatakan, tujuan penerbangan aslinya bukan ke Jakarta, melainkan Sorong, Papua untuk dinas kerja. Namun, ia harus transit dahulu ke Jakarta dan baru terbang ke Sorong pada pukul 01.00 dini hari.

Oleh karena itu, sebelum membeli tiket, Itok harus mendapatkan SIKM Jakarta karena dirinya transit di Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Baca juga: Aturan Garuda Indonesia untuk Penerbangan Domestik

Seperti diketahui, sejak akhir Mei, setiap penumpang pesawat yang mendarat di Bandara Soekarno-Hatta dan melanjutkan perjalanan ke wilayah Jabodetabek wajib menunjukkan SIKM.

Angkasa Pura II selaku operator Bandara Soekarno-Hatta telah mengaktifkan posko pemeriksaan (checkpoint) guna memenuhi ketentuan SIKM tersebut.

“Pengajuan SIKM dapat dilakukan secara online saat calon penumpang pesawat berada di kota asal keberangkatan. Kami informasikan di Bandara Soekarno-Hatta tidak terdapat meja atau pos pengajuan SIKM,” ujar Presiden Direktur AP II Muhammad Awaluddin dalam siaran pers, Jakarta, Selasa (26/5/2020).

Baca juga: Tambah Lagi Syarat Dokumen Naik Pesawat ke Jakarta, Harus Punya SIKM

Adapun untuk mendapatkan SIKM, calon penumpang harus mengajukan SIKM secara online di situs corona.jakarta.go.id 

"Bandara Sorong belum buka, jadi pakai pesawat charter. Hanya penerbangan tertentu saja yang bisa," ujarnya.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X