Kompas.com - 21/12/2020, 09:09 WIB


KOMPAS.com – Rapid test antibodi sebagai syarat naik kereta di masa pandemi tidak harus dilakukan di stasiun. Pemeriksaan rapid test antibodi bisa dilakukan di instansi layanan kesehatan yang menyediakan fasilitas rapid test antibodi.

PT Kereta Api Indonesia (KAI) hingga kini belum menggunakan syarat rapid test antigen dalam syarat perjalanan kereta api (KA) jarak jauh selama operasi angkutan Natal dan Tahun Baru 2020/2021.

Seperti tertera dalam rilis resmi yang diterima Kompas.com, rapid test antibodi bisa dilakukan di fasilitas kesehatan lainnya selain di stasiun. Berkas hasil rapid test antibodi dengan hasil non reaktif tersebut wajib dibawa saat akan melakukan perjalanan KA.

PT KAI menyediakan layanan tambahan berupa aktivitas tes rapid di stasiun dengan menggandeng PT RNI sebagai penyedia jasa tes rapid.

Baca juga: Naik Kereta Api Jarak Jauh Wajib Tes Rapid Antigen? Ini Kata KAI

Layanan tersebut ditujukan untuk mempermudah para pengguna jasa KA yang akan melakukan rapid dengan harga murah.

Tes rapid di stasiun dibanderol dengan harga Rp 85.000. Calon penumpang yang akan rapid di stasiun wajib menunjukkan bukti kode booking tiket.

Jika hasil rapid reaktif maka biaya tiket yang dibeli akan dikembalikan penuh. Layanan rapid stasiun beroperasi setiap hari mulai pukul 07.00–19.00 WIB.

Tak akan ada calo

PT KAI Daop 1 Jakarta memastikan tidak ada calo surat kesehatan yang berkeliaran di dalam Stasiun Pasar Senen. Proses pemeriksaan berka kesehatan penumpang dilakukan petugas dengan penuh ketelitian dengan mengecek keabsahan berkas.

Daop 1 Jakarta telah berkoordinasi dengan pihak bewenang agar dapat melakukan tindak lanjut penelusuran.

Ilustrasi Kereta Api.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Ilustrasi Kereta Api.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.