Kompas.com - 05/03/2021, 07:31 WIB
Ilustrasi Australia - Pantai Bondi di Sydney (SHUTTERSTOCK/Taras Vyshnya). SHUTTERSTOCK/Taras VyshnyaIlustrasi Australia - Pantai Bondi di Sydney (SHUTTERSTOCK/Taras Vyshnya).

 

KOMPAS.com – Australia secara resmi mengumumkan bahwa larangan perjalanan internasional akan diperpanjang hingga Juni 2021.

Melansir Travel Pulse, Rabu (3/3/2021), Menteri Kesehatan Federal Greg Hunt mengatakan bahwa perpanjangan tersebut akan berlangsung pada 17 Maret-17 Juni, mengutip News Corp Australia.

Baca juga: 4 Pilihan Wisata Saat Traveling ke Blue Mountains Australia

Adapun keputusan untuk memperpanjang larangan perjalanan internasional adalah karena kemungkinan penyebaran Covid-19 dari negara lain.

Sebelumnya, Negeri Kanguru pertama kali mengimplementasikan larangan perjalanan internasional pada Maret 2020.

“Australian Health Protection Principal Committee telah memberi tahu Pemerintah Australia bahwa situasi Covid-19 di luar negeri terus menimbulkan risiko kesehatan yang tidak dapat diterima ke Australia,” kata Hunt, mengutip Travel Pulse.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Lucu, Observatorium Laut di Australia Ini Mirip Ikan Paus Raksasa

Dia melanjutkan, keputusan juga diambil karena munculnya varian Covid-19 yang lebih menular.

“Perpanjangan periode darurat selama tiga bulan adalah tentang mengurangi risiko tersebut bagi kesehatan keselamatan semua orang,” ungkap Hunt.

Syarat warga Australia lakukan perjalanan internasional

Meski larangan perjalanan internasional diperpanjang, Hunt memiliki kemampuan untuk membatalkan larangan perjalanan apa pun jika waktunya tepat.

Hal ini membuat warga Australia harus terus mengajukan permohonan pengecualian agar diizinkan meninggalkan negara tersebut.

Ilustrasi Australia - Pantai Bondi di Sydney (SHUTTERSTOCK/GagliardiPhotography).SHUTTERSTOCK/GagliardiPhotography Ilustrasi Australia - Pantai Bondi di Sydney (SHUTTERSTOCK/GagliardiPhotography).

Sementara itu, kedatangan internasional akan terus dibatasi dan menjalani tes sebelum keberangkatan dan kewajiban memakai masker pada penerbangan.

Pemerintah Federal mengakui bahwa para pejabat sedang mengerjakan kerangka kerja yang memungkinkan kapal pesiar sekali lagi berlabuh di Australia. Namun, larangan terhadap kapal tersebut juga telah diperpanjang hingga informasi lebih lanjut.

Baca juga: Qantas Akan Lanjutkan Penerbangan Internasional Pada Oktober 2021

Pekan lalu, maskapai penerbangan Australia yatu Qantas Airways mengumumkan, pihaknya akan melanjutkan penerbangan internasional pada Oktober.

Mereka juga menambahkan akan memulai kembali penerbangan ke negara tetangga, yaitu Selandia Baru pada Juli 2021.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Video Pilihan

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.