Kompas.com - 29/03/2021, 07:07 WIB
Foto dirilis Jumat (5/3/2021), memperlihatkan wisatawan menari Tor Tor di depan patung Sigale-gale di Desa Wisata Tomok, Simanindo, Samosir, Sumatera Utara. Pemerintah Indonesia saat ini tengah menyiapkan Danau Toba di Sumatera Utara sebagai lokasi Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) untuk menggantikan Pulau Bali. ANTARA FOTO/NOVA WAHYUDIFoto dirilis Jumat (5/3/2021), memperlihatkan wisatawan menari Tor Tor di depan patung Sigale-gale di Desa Wisata Tomok, Simanindo, Samosir, Sumatera Utara. Pemerintah Indonesia saat ini tengah menyiapkan Danau Toba di Sumatera Utara sebagai lokasi Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) untuk menggantikan Pulau Bali.


KOMPAS.com – Kabupaten Samosir yang terletak di tengah Danau Toba memang punya sejuta pesona. Mulai dari dataran tinggi yang menakjubkan, pantai-pantai yang indah, wisata air yang menarik, hingga wisata budaya yang kental bisa ditemukan di sana.

Di masa pandemi Covid-19, Pulau Samosir bisa jadi salah satu tujuan liburan. Salah satunya karena per data Kamis (25/3/2021), Samosir masih berstatus zona hijau dengan jumlah kasus konfirmasi Covid-19 ada 13 kasus, 169 kasus sembuh, dan delapan meninggal.

Transportasi udara ke Samosir

Dari luar Pulau Sumatera, kamu bisa mencapai Samosir melalui transportasi udara. Pintu masuk wisatawan biasanya melalui Bandara Internasional Silangit yang terletak di Siborong-borong, Tapanuli Utara.

Lokasi bandara ini lebih dekat ke Samosir jika dibandingkan dengan Bandara Internasional Kualanamu.

Dari Bandara Kualanamu, kamu harus menempuh sekitar enam sampai tujuh jam untuk sampai ke Samosir. Sementara waktu tempuh dari Bandara Silangit ke Samosir yakni sekitar tiga jam melalui jalur darat.

Baca juga: Liburan ke Samosir, Berikut Panduan Lengkap Menuju ke Sana

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebelum memutuskan berangkat menggunakan pesawat udara, pastikan perhatikan syarat bepergian selama masa pandemi ini. Di antaranya menyertakan bukti hasil negatif RT-PCR 3x24 jam sebelum keberangkatan atau rapid test antigen 2x24 jam sebelum keberangkatan.

Pastikan juga tetap menjaga protokol kesehatan dengan ketat. Memakai masker, mencuci tangan atau menggunakan handsanitizer, dan menjaga jarak.

Ada beberapa maskapai penerbangan yang menyediakan rute ke Bandara Silangit. Misalnya dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta harga tiket rata-rata adalah sekitar Rp 700.000 sekali jalan.

Pintu masuk Pulau Samosir

Pulau Samosir memiliki beberapa pintu masuk, ada pintu masuk melalui laut dan bisa melalui darat. Tinggal kamu sesuaikan saja pintu masuk mana yang sekiranya paling nyaman dan dekat dari lokasi keberangkatanmu.

Ada beberapa dermaga yang menyediakan jalur penyeberangan ke Samosir. Keempat dermaga ini menyediakan beberapa pilihan jadwal kapal yang berbeda.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.