Kompas.com - 30/04/2021, 13:01 WIB
Bunga Sakura di Jepang DOK. JAPAN.go.jpBunga Sakura di Jepang

KOMPAS.com - Pemerintah Jepang berencana menerapkan paspor vaksin untuk memudahkan orang yang telah menerima vaksin Covid-19 melakukan perjalanan internasional.

Melansir dari Kyodonews.net, (30/4/2021) pemerintah mengambil langkah tersebut dengan harapan Jepang dapat membuka kembali perjalanannya yang telah terhenti selama pandemi.

"Negara-negara lain melakukannya, jadi Jepang harus mempertimbangkannya juga," kata menteri yang bertanggung jawab atas upaya vaksinasi di Jepang, Taro Kono.

Baca juga: Jepang Larang Turis Asing Datang ke Olimpiade Tokyo 2021

Adapun, paspor vaksin tersebut nantinya hadir dalam bentuk digital yang dapat diakses melalui aplikasi smartphone. Wisatawan bisa langsung memindai kode QR saat tiba di bandara sebelum penerbangan atau saat memasuki negara tersebut.

Terkait paspor vaksin itu, sebelumnya Kono berpendapat bahwa pemberlakuan sertifikat vaksin atau paspor vaksin nantinya akan menyebabkan diskriminasi terhadap sebagian orang yang tidak dapat menerima vaksinasi.

Fukuoka Jepang
DOK. JAPAN.go.jp Fukuoka Jepang

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Oleh karenanya untuk mengantisipasi hal tersebut, paspor vaksin tersebut akan mencantumkan hasil negatif dari reaksi berantai polimerase dan tes antigen.

Namun, skema tersebut diperkirakan tidak akan digunakan di dalam negeri, misalnya untuk masuk ke restoran atau menonton acara olahraga.

Baca juga: Super Nintendo World di Jepang akan Buka Februari 2021

Seperti dilansir dari Japantimes.co.jp, aplikasi itu juga akan terhubung dengan Sistem Catatan Vaksinasi, yaitu database milik pemerintah yang menunjukkan status vaksinasi para wisatawan.

Selain itu, aplikasi tersebut juga akan didasarkan pada CommonPass atau sebuah aplikasi yang dikembangkan dengan melibatkan Forum Ekonomi Dunia.

Sementara, Jepang saat ini hanya mengizinkan warga negara mereka dan turis asing masuk dengan keadaan yang sehat dan harus menyertakan hasil negatif tes virus Covid-19 dalam kurun waktu 72 jam sebelum keberangkatan mereka.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Video Pilihan

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.