Kompas.com - 08/10/2021, 17:41 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno siap penuhi permintaan Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) untuk membuka seluruh tempat wisata.

Sandiaga menyampaikan, saat ini baru tujuh tempat wisata yang dibuka secara resmi di DIY. Pihaknya siap untuk memperluas uji coba pembukaan tempat wisata di provinsi itu. 

"Tujuh destinasi wisata telah resmi kita uji cobakan, dan sesuai nanti permintaan Bapak Gubernur dan Bapak Wali Kota, kita akan perluas berbasis permintaan dan kita siap mendukung," kata dia saat ditemui di Kampung Wisata Rejowinangun, Kotagede, Kota Yogyakarta, Jumat (8/10/2021).

Ia menambahkan bahwa pembukaan tempat wisata tetap harus mengedepankan protokol kesehatan (prokes) dan menggunakan aplikasi PeduliLindungi.

Baca juga:

"Pariwisata ini dilakukan dengan prokes serta integrasi dengan (aplikasi) PeduliLindungi dan kita harapkan ini menjadi kebangkitan kepulihan untuk para UMKM dan para (pelaku) wirausaha supaya lapangan pekerjaan kembali terbuka," kata dia.

Lebih lanjut, Sandi mengatakan, dalam pengajuan pembukaan tempat wisata tetap melalui proses resmi. Kemenparekraf pun siap untuk memfasilitasi. 

"Semua yang diajukan oleh pemerintah harus melalui proses resmi akan kami proses dan akan kami berikan fasilitas," katanya.

Untuk diketahui, hingga saat ini Kemenparekraf baru membuka tujuh tempat wisata di DIY yakni, Candi Ratu Boko, Taman Wisata Merapi Park, Pinus Pengger, Seribu Batu, Gembira Loka Zoo, Pinus Sari Mangunan, dan Tebing Breksi.

Tebing Breksi, Sleman, Yogyakarta DOK. Shutterstock Tebing Breksi, Sleman, Yogyakarta DOK. Shutterstock

Sebelumnya pada akhir pekan lalu, Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X mengatakan, kunjungan wisatawan dari berbagai daerah membeludak ke DIY.

Terkait membeludaknya wisatawan, Gubernur DIY hanya bisa berharap wisatawan sudah mendapatkan vaksinasi Covid-19.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.