Kompas.com - 17/10/2021, 08:14 WIB
Rombongan peserta Sungailiat Triathlon Internasional aklimatisasi lokasi lomba di Pantai Tanjung Pesona, Bangka, Kepulauan Bangka Belitung. KOMPAS.COM/HERU DAHNURRombongan peserta Sungailiat Triathlon Internasional aklimatisasi lokasi lomba di Pantai Tanjung Pesona, Bangka, Kepulauan Bangka Belitung.

KOMPAS.com - Pangkalpinang adalah ibu kota provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Kota ini menyimpan sejumlah tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi, mulai dari pantai hingga lokasi bersejarah dan tempat wisata kuliner.

Jika tertarik untuk mengunjungi Pangkalpinang sebagai destinasi liburan selanjutnya, berikut adalah rencana perjalanan atau itinerary wisata di Kota Pangkalpinang dan sekitarnya:

Hari pertama di Pangkal Pinang

Pantai Tikus Emas

Pantai Tikus Emas di jalur lintas timur Kabupaten Bangka, Sabtu (8/6/2019).KOMPAS.com/HERU DAHNUR Pantai Tikus Emas di jalur lintas timur Kabupaten Bangka, Sabtu (8/6/2019).

Pantai dengan nama yang unik ini berlokasi di Jalan Rebo, Parit Padang, Sungai Liat, Kabupaten Bangka. Dari Bandara Depati Amir jaraknya sekitar 17,8 kilometer (km) dengan waktu tempuh hampir satu jam.

Saat memasukki kawasan pantai berpasir putih ini, wisatawan akan disambut dengan patung tikus emas yang berdiri di area taman. 

Adapun, lokasi Pantai Tikus Emas ini dihiasi dengan pepohonan pinus di bibir pantai. Wisatawan juga dapat melihat sejumlah bongkahan batu besar yang tersusun rapi. 

"Di Pantai Tikus Emas terkadang enggak dibolehin untuk berenang karena ombaknya yang terlalu tinggi. Tapi kebanyakan orang biasanya kalau sore berenang," ucap Founder Bangka Island Tour and Travel, Dolly Zuarta, saat diwawancara pada Sabtu (16/10/21).

Pantai ini dilengkapi dengan sejumlah fasilitas, di antaranya toilet, warung makanan dan minuman, area bermain untuk anak-anak, dan banana boat.

Untuk menikmati pemandangan laut di Pantai Tikus Emas, wisatawan cukup membayar tiket masuk seharga Rp 5.000 per orang.

Baca juga: Genjot Pariwisata, Pangkal Pinang Siapkan 12 Agenda Tiap Tahun

Pantai Tanjung Pesona

Pantai Tanjung Pesona, BangkaShutterstock Pantai Tanjung Pesona, Bangka

Tak jauh dari pantai sebelumnya, Pantai Tanjung Pesona juga memiliki pemandangan dan daya tarik yang tidak kalah menarik.

Pantai ini berlokasi di Desa Rabak, Sungai Liat. Dari Pantai Tikus Emas jaraknya empat km dengan waktu tempuh sekitar sembilan menit.

Pantai ini memiliki panorama beragam. Selain melihat laut lepas, wisatawan juga akan melihat hamparan batu granit beraneka ukuran. Deretan batu granit besar di pantai ini dapat diduduki.

Kawasan pantai ini juga memiliki sebuah jembatan yang menghubungkan pantai dengan sebuah bangunan kecil yang terletak di tengah pantai. Bagi wisatawan yang gemar berburu foto, jembatan ini dapat dijadikan spot foto.

Berbagai aktivitas dapat dilakukan di Pantai Tanjung Pesona, antara lain berenang dan memancing. Wisatawan juga dapat melakuan beberapa aktivitas water sports, seperti menaiki kano, jet ski, dan banana boat.

Sarana pelengkap yang dapat ditemukan di tempat wisata ini di antaranya adalah toilet, restoran, vila, dan gazebo.

Wisatawan yang ingin menghabiskan waktu di Pantai Tanjung Pesona akan dikenakan tiket masuk senilai Rp 20.000 per orang pada hari kerja, dan Rp 25.000 per orang pada akhir pekan.

Baca juga: Wisata Pantai Koala Pangkalpinang, Bisa Lihat Jembatan Buka Tutup

Alun-Alun Taman Merdeka

Tempat wisata selanjutnya berada di pusat kota Pangkalpinang.

Alun-Alun Taman Merdeka atau yang lebih dikenal dengan nama ATM berlokasi di Batin Tikal, Kecamatan Taman Sari, Kota Pangkalpinang.

Dari Pantai Tanjung Pesona jaraknya 16,6 km dengan waktu tempuh sekitar 48 menit.

Ruang hijau terbuka ini biasa dijadikan tempat berkumpul masyarakat yang ingin menikmati suasana taman kota.

Kawasan taman ini dilengkapi dengan sejumlah fasilitas, yaitu lapangan olahraga, panggung hiburan, dan area bermain untuk anak-anak. 

Baca juga: Ke Festival Budaya di Bangka? Ini 5 Hotel Dekat Alun-alun Pangkalpinang

Menurut Dolly, taman ini cocok untuk dijadikan tempat berburu jajanan di sore hari hingga malam hari. 

Wisatawan dapat menyicipi tai fu sui atau susu kedelai khas Bangka, atau otak-otak khas Bangka yang biasa disajikan dengan cuka merah.

Sembari menikmati jajanan tersebut, wisatawan juga dapat menikmati lampu-lampu taman yang menghiasi alun-alun di malam hari.

Alun-Alun Taman Merdeka buka setiap hari selama 24 jam.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.