Kompas.com - 11/12/2021, 19:25 WIB

KOMPAS.com - Disneyland dan Disney World merupakan dua taman hiburan dengan nama yang hampir sama.  

Namun, mungkin ada di antara wisatawan yang masih kesulitan membedakan kedua tempat ini.

Sebelum membahas kedua tempat tersebut, wisatawan perlu mengenal sosok Walt Disney. Dilansir dari Kompas.com, Selasa (16/10/2021), Walt Disney adalah legenda animasi sekaligus sosok penting di balik berdirinya Walt Disney Company. 

Taman hiburan yang pertama dibangun oleh Walt Disney adalah Disneyland di California, Amerika Serikat (AS), pada 17 Juli 1955.

Beberapa tahun kemudian, Disney World di Orlando, Florida, Amerika Serikat (AS), dibuka pada tahun 1971. Meski Walt Disney terlibat dalam perancangannya, ia meninggal lima tahun sebelum Disney World dibuka.

Baca juga: Disney World dan Disneyland Akan Beroperasi dengan Kapasitas Normal

Jika kamu masih bingung memilih di antara kedua taman hiburan ini, berikut 8 perbedaan Disneyland dan Disney World yang dilansir dari Travel + Leisure.

1. Lokasi berbeda

Disneyland dan Disney World sama-sama berlokasi di AS.

Disneyland berada di Anaheim, California, sekitar satu jam perjalanan dari Kota Los Angeles.

Sementara Disney World terletak di Orlando, Florida.

Baca juga: Disney Akan Buka Hotel Bertema Star Wars di Musim Semi 2022

2. Ukuran 51 kali lebih besar

Kedua taman hiburan ini berbeda dari segi ukurannya. Meski termasuk luas, Disneyland hanya berukuran 500 hektare, dengan dua bagian berbeda yaitu Disney California Adventure Park dan Disneyland Park.

Sedangkan Disney World memiliki tanah seluas 43 mil persegi, atau sekitar 27.500 hektare. Disney World memiliki empat taman utama yaitu Magic Kingdom, Epcot, Disney's Hollywood Studios, dan Disney's Animal Kingdom.

Keduanya menawarkan atraksi tersendiri. Wisatawan tinggal mempertimbangkan durasi berkunjung.

Untuk melihat semua atraksi utama di Disneyland, umumnya wisatawan butuh waktu satu hingga duahari. Namun, mereka akan butuh seminggu untuk menikmati seluruh atraksi yang ada di Disney World.

Walt Disney World di Orlando, Florida (Facebook Walt Disney World | Photographer Matt Stroshane).Facebook Walt Disney World | Photographer Matt Stroshane Walt Disney World di Orlando, Florida (Facebook Walt Disney World | Photographer Matt Stroshane).

3. Harga tiket masuk

Harga tiket ke Disney World sedikit lebih mahal daripada tiket Disneyland.

Untuk masuk ke Disney World, tiket satu hari adalah sekitar 114-199 dolar AS atau sekitar Rp 1,6 juta - Rp 2,8 juta untuk orang dewasa. Tiket masuk untuk anak usia di bawah tiga tahun adalah gratis.

Sedangkan, tiket satu hari ke Disneyland sekitar 117 dolar AS atau sekitar Rp 1,6 juta untuk orang dewasa, dan anak-anak berusia bawah tiga tahun juga gratis.

Untuk keduanya, harga tiket bisa naik dan turun tergantung situasi saat berkunjung. Biaya tiket per hari juga bisa lebih murah jika kamu membeli untuk beberapa hari.

Baca juga: Ada Turis Positif Covid-19, Disneyland Hong Kong Sempat Tutup

4. Jumlah transportasi

Disneyland menyediakan layanan antar-jemput gratis ke dan dari tempat parkir, meski ukuran taman hiburan tersebut tidak terlalu luas. 

Ada juga monorel yang berjalan antara Tomorrowland di Disneyland Park dan Downtown Disney. 

Baca juga: Disney Cruise Line Wajibkan Penumpang Usia 5 Tahun ke Atas Vaksin Covid-19

Sebaliknya, kamu akan membutuhkan alat transportasi untuk berkeliling di Disney World. Untungnya, taman ini menyediakan sistem transportasi gratis yang dapat mengantar pengunjung ke manapun, di antaranya bus, feri, atau monorel. 

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.