Kompas.com - 20/02/2022, 16:31 WIB

KOMPAS.com - Kota Surabaya memiliki wisata hutan mangrove atau hutan bakau, salah satunya adalah Ekowisata Mangrove Wonorejo. Wisata alam ini berada di Jalan Raya Wonorejo Nomor 1, Kecamatan Rungkut, Kota Surabaya.

Menurut data Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian, dan Pengembangan Kota Surabaya (Bappeko Surabaya), kawasan hutan bakau ini memiliki luas 200 hektar.

Awalnya, konservasi alam ini dibuat untuk mencegah abrasi di wilayah timur Kota Surabaya yang kemudian dikembangkan menjadi wisata alam untuk kalangan umum.

Baca juga: 5 Hotel Dekat Tunjungan Plaza Surabaya, Harga Mulai Rp 200 Ribuan

Humas Ekowisata Mangrove Wonorejo David NR mengatakan perjalanan dari pusat Kota Surabaya menuju lokasi hutan mangrove membutuhkan waktu kurang lebih 20-30 menit naik mobil pribadi. Sementara itu, jaraknya sekitar 14 kilometer (km).

“Dari tengah kota ke lokasi Ekowisata Mangrove Wonorejo kurang lebih 20-30 menit,” ujarnya kepada Kompas.com, Kamis (10/02/2022).

Wisatawan bisa mengambil titik mulai perjalanan dari Alun-alun Surabaya. Dari sana, kamu bisa belok kanan di pertigaan menuju Jalan Gubeng Pojok hingga menemukan Grand City Mall Surabaya. Tetap berada di Jalan Gubeng Pojok untuk melanjutkan ke Jalan Dr. Moestopo dan Jalan Dharmahusada.

Baca juga: Wisata Mangrove Wonorejo Surabaya, Simak Harga Tiket dan Jam Buka

Ketika menemukan Sentra Wisata Kuliner Dharmahusada, maka belok kanan menuju Jalan Raya Dharmahusada Indah. Setelah melewati Apotek Ben Mario, maka belok kanan menuju Jalan Raya Kertajaya Indah.

Tetap berada di Jalan Kertajaya Indah hingga menemukan Restoran Padang Sederhana. Lalu, belok kanan ke Jalan Ir. Soekarno.

Tetap berada di Jalan Ir. Soekarno hingga bertemu dengan Gunawangsa MERR Apartment. Dari situ, belok kiri menuju Jalan Wonorejo Timur. Selanjutnya, tetap berada di Jalan Wonorejo Timur hingga sampai di lokasi Ekowisata Mangrove Wonorejo.

Ekowisata Mangrove Wonorejo Surabayahttps://bappeko.surabaya.go.id Ekowisata Mangrove Wonorejo Surabaya

Bagi pendatang luar kota, kamu bisa melalui Jalan Tol Waru-Juanda, lalu keluar di Gerbang Tol Tambak Sumur. Setelah keluar gerbang tol, belok kanan menuju Jalan Ir. Soekarno,

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.