Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/05/2022, 10:27 WIB
Markus Makur,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

RUTENG, KOMPAS.com - Markedila Cafe terletak di pinggir jalan Ruteng-Golowelu-Terang, tepatnya di Kampung Wela, Desa Persiapan Bangka Wela, Kecamatan Ruteng, Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Selain tempat nongkrong, kafe ini juga dapat dijadikan tempat berswafoto dengan latar pemandangan alam.

Baca juga:

Pengunjung bisa menikmati panorama lembah di bagian utara Flores Barat, atau menunggu hingga matahari terbenam (sunset) tiba sembari menyantap kopi manggarai dan kudapan dari pangan setempat. 

Sementara itu, bangunan kafe terbuat dari bambu. Tempat duduk dan mejanya pun berbahan kayu. 

Baca juga: Bukit Tuwit Manggarai Timur, NTT, Mistisnya Kampung Adat Masa Lalu

Markedila Cafe di Kampung Wela, Desa Persiapan Wangka Wela, Kecamatan Ruteng, Kabupaten Manggarai, NTT, Selasa, (10/5/2022) sebagai tempat nongkrong sambil minum kopi Manggarai. (KOMPAS.com/MARKUS MAKUR)KOMPAS.COM/MARKUS MAKUR Markedila Cafe di Kampung Wela, Desa Persiapan Wangka Wela, Kecamatan Ruteng, Kabupaten Manggarai, NTT, Selasa, (10/5/2022) sebagai tempat nongkrong sambil minum kopi Manggarai. (KOMPAS.com/MARKUS MAKUR)

Salah seorang pengunjung dari Papua, Emilianus Egor, mengatakan bahwa kafe ini terlihat masih baru sebab sebelumnya belum ada kafe di pinggir jalan dari Ruteng-Golowelu-Terang. 

"Tempat ini sangat sejuk dengan cuaca alam yang dingin. Tempat istirahat dalam perjalanan jauh dari Kota Ruteng menuju ke wilayah bagian utara dari Flores Barat," jelas Emilianus, Selasa (17/5/2022).

Baca juga:

Adapun pada hari itu, ia melakukan perjalanan ke kampung Wajur, Desa Wajur, Kecamatan Kuwus Barat, Kabupaten Manggarai Barat, untuk berjumpa dengan keluarga besarnya.

"Perjalanan kali ini sungguh menyenangkan dengan singgah di beberapa tempat minum kopi, baik di Kota Ruteng, Ibukota Kabupaten Manggarai, maupun di pelosok Manggarai yang sudah ada tempat kafe untuk menikmati aroma kopi," tuturnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com