Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapal Pesiar dari Singapura Akan Berlayar ke Indonesia pada Juli 2022

Kompas.com - 02/06/2022, 21:04 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan, wisata kapal pesiar ke Indonesia akan segera dimulai pada Juli 2022.

Dalam kunjungan kerjanya ke Singapura, Rabu (1/6/2022), Menparekraf menemui dua pengelola kapal pesiar (cruises) terbesar, yakni Royal Carribean dan Resort World Cruises, yang menawarkan paket wisata ke Indonesia mencakup Batam, Bintan, Surabaya, Bali, Belitung, dan Lombok.

“Kami telah lakukan pertemuan dengan pengelola cruises, ada beberapa kesepakatan akan dimulainya wisata kapal pesiar tahun ini,” kata Sandiaga, dikutip dari keterangan resmi yang Kompas.com terima, Kamis (2/6/2022).

"Ini berita besar dan sangat strategis, sangat signifikan dalam pemulihan kepariwisataan parekraf Indonesia," tambahnya. 

Menparekraf menjelaskan, wisata pelayaran kapal pesiar segera dimulai tahun ini, yang meliputi Batam-Bintan-Surabaya-Bali. Sedangkan, untuk tahun depan, ditambah melalui Belitung dan Lombok.

Salah satu paket wisata yang ditawarkan nantinya juga akan berhenti di Bali Utara, yang selama ini sisi pariwisatanya belum banyak tergarap secara optimal.

Untuk Cruises Genting Dream, diperkirakan akan memulai pelayaran pada Juli 2022 dan Desember 2022, dengan 1.700 kamar dari total kapasitas 3.500 kamar.

Sementara itu, Royal Carribean Cruises memiliki 4.800 kamar, serta akan melintasi Benoa dan Lombok.

“Harapan kita bisa ke Labuan Bajo dan beberapa destinasi unggulan bahari lainnya,” ujar Sandiaga.

Baca juga: 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com