Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/06/2022, 13:26 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Stasiun Manggarai diproyeksikan menjadi stasiun sentral pertama dan terbesar di Indonesia. Pengerjaannya ditargetkan rampung dan mulai beroperasi pada 2023.

Per Mei 2022, perkembangan pengerjaan Stasiun Manggarai oleh Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dilaporkan sudah mencapai 60,125 persen untuk pembangunan fisik sisi timur.

Baca juga: Ramai Soal Stasiun Gambir Bakal Pensiun, Benarkah?

Stasiun Manggarai dipilih untuk pengembangan stasiun sentral karena dinilai memiliki lokasi yang strategis dan punya peran vital untuk menunjang layanan kereta api di ibu kota.

"Saat ini, Stasiun Manggarai sudah mengemban peran menjadi stasiun hub untuk tujuh persimpangan jalur kereta api yang terdiri dari jalur kereta api yang mengarah ke Jatinegara, arah ke Jakarta Kota, arah ke Tanah Abang, arah ke Bogor, arah ke depo KRL Bukit Duri, arah ke Pusat Gudang Persediaan, serta mengarah ke Balai Yasa Manggarai," kata Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan, Zulfikri dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Rabu (09/06/2022).

Akan terintegrasi dengan moda transportasi lain

Stasiun Manggarai juga dipersiapkan untuk dapat terintegrasi dengan moda transportasi lain, seperti LRT, Transjakarta, dan transportasi umum lainnya.

"Pengembangan integrasi dan interkoneksi antarmoda dilakukan sebagai upaya untuk mengakomodasi pergerakan 1,2 juta penumpang yang diperkirakan akan dilayani oleh Stasiun Manggarai," terang Zulfikri.

Baca juga:

Dalam rangka mewujudkan transformasi Stasiun Manggarai menjadi stasiun sentral, diperlukan penyesuaian untuk menata pergerakan kereta api dan penumpang.

Salah satunya dilakukan melalui kegiatan switch over (SO) 5 yang dilakukan pada Jumat (27/05/2022) hingga Sabtu (28/05/2022).

SO 5 dilakukan untuk memindahkan peron dan jalur aktif yang melayani KRL sehingga pembangunan dapat dilanjutkan pada sisi timur.

Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Jakarta dan Banten, Rode Paulus menyampaikan, pelaksanaan SO 5 nantinya akan diikuti oleh SO 6 yang akan dilakukan pada November 2022 dan SO 7 setahun setelahnya.

"Rangkaian kegiatan switch over (SO) ini diperlukan untuk memastikan operasional Stasiun Manggarai dapat berlangsung meski pembangunan terus berjalan," ucap Rode.

Setelah selesai dibangun nanti, kehadiran Stasiun Manggarai menjadi stasiun sentral pertama di Indonesia diharapkan mampu meningkatkan pelayanan jasa angkutan penumpang KRL Jabodetabek dan KA jarak jauh dari dan ke Provinsi DKI Jakarta.

Baca juga: Asal-usul Nama Jakarta, Sudah Alami Banyak Perubahan dari Zaman Dulu

Progres pengerjaan Stasiun Manggarai

Saat pengoperasian penuh, nantinya Stasiun Manggarai diproyeksikan bakal menjadi stasiun sentral yang memiliki 18 jalur aktif.

Keseluruhan jalur tersebut akan melayani kereta api (KA) jarak jauh, KRL Jabodetabek, serta KA Bandara, sehingga memudahkan masyarakat untuk berganti layanan kereta api dalam satu gedung stasiun.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+