Kompas.com - 28/06/2022, 19:34 WIB

KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno memberikan rekomendasi beberapa tempat wisata yang dapat dikunjungi saat momen libur sekolah pada akhir Juni hingga pertengahan Juli 2022.

Selain tempat wisata favorit di Puncak, Jawa Barat, ia menyarankan masyarakat untuk menjajal destinasi unggulan lainnya.

"Berdasarkan data-data yang kita terima, ada Bali dan destinasi lain yang konsepnya personalize, localise, dan smaller in size," kata Sandiaga saat Weekly Press Briefing yang digelar secara hybrid, Senin (27/6/2022).

 

"Karena populasi Indonesia banyak di pulau Jawa, maka yang di Jawa akan berlibur sekolah di dekat lokasi mereka tinggal, sekitar 200 sampai 250 kilometer dengan berkendaraan darat sehingga mereka bisa menyikapi harga pesawat yang mahal,” tambahnya. 

Baca juga:

Tempat wisata di Pulau Jawa untuk libur sekolah

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Bagi warga Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi), Sandiaga memberi saran untuk mengunjungi tiga tempat wisata andalan, yakni Taman Impian Jaya Ancol di Jakarta Utara, Taman Mini Indonesia Indah di Jakarta Timur, serta Taman Margasatwa Ragunan atau Kebun Binatang Ragunan di Jakarta Selatan.

Ia melanjutkan, di sekitar Jawa Barat, masyarakat juga bisa mengunjungi beberapa tempat wisata unggulan.

Mulai dari Kota Bandung yang mendapat predikat sebagai daerah dengan wisata kuliner terbaik, hingga Kabupaten Pangandaran yang memiliki sejumlah obyek wisata alam, seperti Pantai Pangandaran, Green Canyon, dan Pantai Batu Hiu.

Ada pula Kabupaten Garut, yang menawarkan panorama alam yang Instagramable, di antaranya Kawasan Wisata Cipanas dan Pantai Santolo.

Baca juga: 10 Wisata Subang untuk Anak dan Keluarga, Pas Buat Libur Sekolah 

"Untuk di Jawa Barat, selain Puncak, opsinya adalah Garut untuk cuacanya yang juga cukup sejuk. Ada juga beberapa destinasi lain, Kuningan, bisa dicapai tidak jauh, tiga hingga empat jam sampai," ujarnya.

Tempat wisata di daerah Jawa Timur, tambahnya, antara lain Malang serta kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru yang tentunya sangat diminati para wisatawan.

Kemudian, di Jawa Tengah terdapat Candi Borobudur dan berbagai desa wisata, antara lain Desa Wisata Candirejo dan Desa Wisata Dieng Kulon.

Baca juga:

"Sementara di DI Yogyakarta terdapat Desa Wisata Nglanggeran sebagai salah satu desa wisata terbaik dunia 2021 yang ditetapkan oleh organisasi pariwisata dunia (UNWTO)," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.