Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/09/2022, 17:31 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Setiap kendaraan memerlukan perawatan dan perbaikan secara berkala, termasuk saat terjadi kerusakan, tak terkecuali kereta api.

Tempat kereta api dirawat dan diperbaiki untuk skala besar, salah satunya di bengkel lokomotif yang ada di Balai Yasa Manggarai.

Mungkin belum banyak yang tahu, ada bengkel kereta api yang telah berdiri sejak zaman Belanda, tepatnya tahun 1920 di kawasan Manggarai, Jakarta Selatan.

Baca juga: Pengunjung Antusias Kunjungi Balai Yasa Manggarai, Bengkel Kereta Api di Jakarta

Dalam rangka memperingati HUT ke-77 PT KAI pada 28 September 2022 sekaligus mengedukasi masyarakat, Balai Yasa Manggarai mengadakan open house dan memperbolehkan masyarakat umum untuk melihat-lihat isi dalam bengkel kereta api.

Open House Balai Yasa dilakukan di tiga daerah berbeda selama tiga hari. Salah satunya di Balai Yasa Manggarai pada 26-28 September 2022, pukul 08.30 sampai 15.00 WIB.

Pengalaman menjelajahi Balai Yasa Manggarai

Penasaran dengan penampakan bengkel kereta api, Kompas.com menuju Balai Yasa Manggarai pada Selasa (27/9/2022).

Saat tiba sekitar pukul 13.15 WIB, suasana tampak cukup ramai. Ada yang duduk-duduk di area kursi di depan panggung, ada yang mengantre barisan untuk tur, ada juga yang sibuk mengambil gambar.

Baca juga: 3 Tempat Wisata yang Cocok Dikunjungi Saat Hari Kereta Api Nasional

Sebelum mulai tur keliling Balai Yasa bersama pemandu, pengunjung bisa memasuki galeri foto yang menampilkan transformasi bengkel dari waktu ke waktu.

Terlihat perubahan yang cukup signifikan dari kereta pertama masuk bengkel, hingga bentuk modern bengkel kereta saat ini.

Pengunjung yang berfoto di galeri kereta api dalam Open House Balai Yasa Manggarai pada 26-28 September 2022.KOMPAS.com/FAQIHAH MUHARROROH ITSNAINI Pengunjung yang berfoto di galeri kereta api dalam Open House Balai Yasa Manggarai pada 26-28 September 2022.

“Kami menampilkan foto dari awal Balai Yasa Manggarai sampai sekarang. Sudah dibangun 1916 dan sekarang sudah mengalami perubahan seiring pemimpin di sini,” ujar Kepala Fasilitas Kerja Balai Yasa Manggarai Bagus Wicaksono kepada Kompas.com, Selasa.

Sebagai informasi, Balai Yasa Manggarai bisa menampung perawatan hingga 100 kereta dalam sebulan. Daya tampungnya lebih besar daripada Balai Yasa Surabaya Gubeng.

Baca juga:

“Bedanya Balai Yasa di Jakarta dengan Surabaya, adalah kapasitas produksi. Di sini kami bisa merawat 100 kereta per bulan,” imbuhnya.

Selain melihat foto-foto perkembangan Balai Yasa, pengunjung juga bisa menyaksikan miniatur kereta api dari era kolonial hingga modern.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com