Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sirkuit Mandalika NTB Siap Sambut World Superbike 2022

Kompas.com - 11/10/2022, 21:19 WIB
Wasti Samaria Simangunsong ,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno memastikan kesiapan Sirkuit Mandalika di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), dalam menyambut World Superbike (WSBK) 2022, yang dilaksanakan untuk kedua kalinya di Indonesia pada 11-13 November 2022.

"Persiapan penyelenggaraan WSBK 2022 terus dilakukan bersama dengan seluruh pihak mulai dari Dorna Sports, MGPA (Mandalika Grand Prix Association), ITDC (Indonesia Tourism Development Corporation), Pemprov (Pemerintah Provinsi) NTB, dan seluruh pihak terkait," kata Menparekraf dalam Weekly Press Briefing di Jakarta Pusat, Senin (10/10/2022).

Baca juga:

Dari berbagai persiapan, salah satu yang menjadi perhatian dari Dorna Sports dan FIM (Federasi Olahraga Sepeda Motor Internasional) adalah penyempurnaan lintasan sirkuit.

Adapun penyempurnaan permukaan lintasan utama dilakukan dengan cara mengaspal ulang track, menambah run off di beberapa tikungan yakni 10, 11, dan 12, serta perubahan kerb di beberapa tikungan dari kerb biasa menjadi Misano Kerb guna meningkatkan standar keamanan.

Baca juga: Event Balap Motor Antre di Sirkuit Mandalika, Ada World Superbike

Selain itu, ITDC dan MGPA juga telah menyiapkan 9.116 kantong parkir untuk mengakomodasi kendaraan penonton agar bisa diparkir lebih dekat dengan sirkuit, sekaligus mengantisipasi kemacetan yang mungkin terjadi.

"Di WSBK kami berusaha mendekatkan lahan parkir tersebut. Jadi kami telah membuat cukup banyak kantong-kantong parkir yang dapat menampung lebih banyak kendaraan," terang Direktur Utama MGPA, Priandhi Satria.

Baca juga:

Hal yang cukup menarik dari perhelatan WSBK tahun ini ialah pengalaman dalam menikmati acara. Penonton akan bisa lebih dekat dengan motor, pembalap, dan para tim balap.

"Juga akan ada paddock show di mana pengunjung akan bisa mendekat ke panggung pemberian trophy," tutur VP Corporate Secretary MGPA, Joko Santosa.

Baca juga: Itinerary Wisata Seharian Dekat Sirkuit Mandalika, Main di Pantai Kuta

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com