Kompas.com - 16/11/2022, 13:13 WIB

 

KOMPAS.com- Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 diselenggarakan di Bali pada 15-16 November 2022. Puncak kegiatan G20 selama setahun ini diikuti oleh perwakilan dari 19 negara anggota dan Uni Eropa (UE). 

Dalam KTT G20 di Bali, segala persiapan dilakukan untuk menyambut para wakil penting dari tiap negara, termasuk pemilihan suvenir bagi para delegasi.

Baca juga:

Akun Instagram resmi Kementerian Sekretariat Negara Republik Indonesia (@kemensetneg.ri)  membuat unggahan mengenai cinderamata berupa conference kit untuk delegasi.

"Cinderamata KTT G20. Jangan heran cinderamata yang dipersiapkan emang banyak banget, lho. Selain pakaian, ada juga conference kit yang diberikan sebagai cinderamata. Wah kece banget, ya?" tulis akun @kemensetneg.ri, seperti dikutip Kompas.com, Rabu (16/11/2022).

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas.com (@kompascom)

Lantas, apa saja conference kit berupa produk-produk lokal yang diterima oleh para peserta delegasi? Berikut informasinya. 

1. Tas, organizer, dan tablet

Tas yang menjadi perlengkapan konferensi G20 ini memiliki bahan kulit. Produknya merupakan produk lokal dari salah satu produsen pemium leatherbag di Surabaya.

Produk ini tentunya menonjolkan cita rasa budaya Indonesia, apalagi dengan ukiran batik pada bahan kulitnya. 

Baca juga: 6 Fakta Kain Endek yang Jadi Salah Satu Suvenir Resmi G20 

Tak hanya itu, produk tablet yang diperoleh peserta delegasi adalah tablet Advan, yang juga merupakan produk Indonesia dengan TKDN (Tingkat Komponen Dalam Negeri) 32,05 persen.

2. Pulpen perak

Selanjutnya, ada pulpen perak yang terbuat dari perak kadar 925. Diukir dengan motif batik yang mencerminkan keunggulan manusia, kesucian, dan keselarasan dengan alam.

Baca juga: 6 Fakta Desa Penglipuran Bali, Akan Dikunjungi Delegasi G20

Pulpen perak ini dikerjakan oleh perajin Kotagede, Yogyakarta yang telah memiliki tradisi turun-temurun dalam mengerjakan kerajinan perak bagi raja-raja Jawa.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.