Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 31/12/2022, 15:36 WIB

KOMPAS.com - Yogyakarta menjadi salah satu destinasi untuk menghabiskan liburan tahun baru, salah satunya karena banyaknya aktivitas yang bisa dilakukan wisatawan. 

“(Bisa) melihat pesta kembang api, camping (berkemah) di pantai atau dataran tinggi, dan melihat city light (lampu-lampu kota),” kata Koordinator Bersukaria Walking Tour Yogyakarta bernama Mawar, kepada Kompas.com, Jumat (23/12/2022).

Baca juga:

Bila kamu hanya memiliki waktu dua hari dan satu malam, berikut rencana perjalanan atau itinerary tahun baruan di Yogyakarta yang bisa jadi inspirasi.

Itinerary liburan tahun baru di Yogyakarta

Hari Pertama

Ke Kota Yogyakarta via Stasiun Yogyakarta International Airport

Kereta Api di Stasiun KA Bandara YIA atau Stasiun YIA di Bandara Internasional Yogyakarta - Kulon Progo.Dok. PT Angkasa Pura I Kereta Api di Stasiun KA Bandara YIA atau Stasiun YIA di Bandara Internasional Yogyakarta - Kulon Progo.

Wisatawan yang tiba di Yogyakarta International Airport (YIA) di Kulon Progo pada pagi hari,  dapat mencari makan terlebih dahulu di sekitar atau di dalam bandara.

Setelah sarapan, mereka dapat membeli tiket kereta di Stasiun Bandara YIA menuju Stasiun Yogyakarta yang terletak di Sosromenduran, Gedong Tengen, Kota Yogyakarta, DIY. Harga tiketnya mulai Rp 20.000 dengan durasi perjalanan sekitar 45 menit.

Dilaporkan oleh dari Kompas.com, Jumat (19/08/2022), salah satu kereta relasi Stasiun YIA ke Stasiun Yogyakarta akan berangkat sekitar pukul 08.07 WIB dan dijadwalkan tiba di Stasiun Yogyakarta sekitar pukul 08.46 WIB.

Baca juga:

Selanjutnya, wisatawan juga bisa menumpang kereta yang berangkat sekitar pukul 09.25 WIB dan dijadwalkan tiba di Stasiun Yogyakarta sekitar pukul 10.04 WIB.

Namun, harap diperhatikan bahwa jadwal keberangkatan dan ketibaan kereta bisa berubah sewaktu-waktu sehingga wisatawan dianjurkan mengecek terlebih dahulu.

Jalan-jalan ke tempat wisata dekat Stasiun Yogyakarta

Stasiun Yogyakarta sesungguhnya berlokasi dekat dengan sejumlah tempat wisata, antara lain Malioboro, Malioboro Mall, Teras Malioboro, Benteng Vredeburg, Titik Nol KM Yogyakarta, Museum Sonobudoyo, Keraton Yogyakarta, dan Taman Sari. 

Hampir semua tempat wisata yang disebutkan sebelumnya bisa dicapai dengan berjalan lurus di Jalan Malioboro-Jalan Jenderal Ahmad Yani.

Tempat-tempat wisata tersebut juga bisa dijangkau sesuai kemampuanmu berjalan kaki. Dari Stasiun Yogyakarta ke Malioboro Mall, misalnya, jaraknya 850 meter - satu kilometer (km) dengan durasi berjalan kaki hampir 15 menit.

Baca juga:

Di area Malioboro, wisatawan bisa berfoto di beberapa spot populer, di antaranya di bawah plang nama Jalan Malioboro atau di tengah pedestrian.

Bila kuat berjalan, wisatawan bisa ke Taman Sari yang jaraknya tiga km dari Stasiun Yogyakarta dengan durasi berjalan kaki hampir 40 menit.

Tempat wisata sejarah dan budaya ini dikenal juga sebagai taman air atau istana air berkat kolamnya, dilaporkan oleh Kompas.com, Selasa (26/7/2022).

Harga tiket masuk tempat wisata ini mulai Rp 5.000, dan buka setiap hari pukul 09.00-15.00 WIB.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+