Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pantai Balekambang di Malang, Salah Satu Pilihan Saat Libur Lebaran

Kompas.com - 03/04/2023, 15:31 WIB
Imron Hakiki,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

MALANG, KOMPAS.com - Hari Raya Idul Fitri 2023 sebentar lagi tiba. Bagi warga masyarakat yang ingin menikmati libur Lebaran di Malang, Jawa Timur, wisata Pantai Balekambang bisa menjadi pilihan.

Pantai yang terletak di Desa Srigonco, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang itu terbilang ikonik karena terdapat Pura Luhur Amertha Jati yang terletak di pulau Ismoyo.

Keberadaan pulau tersebut membuat Pantai Balekambang ini sekilas mirip dengan Tanah Lot di Bali.

Baca juga: Tips Berkunjung ke Pedestrian Kayutangan di Malang, Bawa Payung

Pulau Ismoyo terletak sejauh kurang lebih 70 meter dari bibir pantai Balekambang. Wisatawan bisa menikmati deburan ombak laut dari lokasi pura.

Untuk menuju pura, disediakan jembatan penghubung antara pulau Ismoyo dan bibir Pantai Balekambang.

Pesona Pantai Balekambang, Malang

Direktur Badan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Kabupaten Malang, Jasa Yasa sekaligus pengelola pantai Balekambang bernama Husnul Hakim mengatakan, pantai Balekambang mempunyai padang pasir yang lebih panjang dibanding pantai lain.

Ia melanjutkan, pantai ini juga dilengkapi beberapa spot swafoto serta pepohonan rindang yang menawarkan kesejukan di pantai.

Baca juga: 5 Oleh-oleh Khas Malang, Tidak Hanya Bakso Malang

"Bagi yang ingin berlama-lama, di sana sudah tersedia kafe bagi wisatawan yang ingin makan dan minum, serta ada juga fasilitas penginapan," kata Husnul kepada Kompas.com, Senin (3/4/2023).

Tiket masuk ke pantai itu terbilang murah, Yakni hanya senilai Rp 10.000 per orang. Kemudian, tiket parkir senilai Rp 5.000 untuk sepeda motor dan Rp 10.000 untuk mobil.

Ia melanjutkan, wisatawan bisa datang kapan saja karena Pantai Balekambang buka selama 24 jam.

Pura di atas pulau, salah satu spot yang berada di area pantai Balekambang, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang, Jawa Timur.KOMPAS.COM/Imron Hakiki Pura di atas pulau, salah satu spot yang berada di area pantai Balekambang, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

"Dengan tiket sebesar itu wisatawan sudah bisa menikmati berbagai wahana yang ada di dalam pantai Balekambang," ujarnya.

Husnul menyebutkan, pihaknya menargetkan kunjungan wisata mencapai 100.000 orang per hari selama momen libur Lebaran 2023. Ia berharap target itu tercapai.

Baca juga: Eks Napi Terorisme di Kota Malang Dirangkul Jadi Pelaku Wisata

"Itu yang kita targetkan mengacu pada kunjungan wisata di momen yang sama di tahun 2019 lalu, sebelum pandemi Covid-19," pungkasnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com