Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Awas, Ini 4 Risiko Simpan Laptop di Bagasi Terdaftar Pesawat

Kompas.com - 01/04/2024, 15:34 WIB
Zeta Zahid Yassa,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Membawa laptop saat bepergian dengan pesawat, telah menjadi kebiasaan umum bagi banyak orang. 

Namun, tahukah Anda bahwa tindakan ini sebenarnya memiliki risiko tertentu yang perlu diperhatikan? 

Mengutip Asosiasi Transportasi Udara Internasional (IATA) pada Simpleflying.com, Senin (1/02/2024), penumpang diizinkan untuk menyimpan laptop dalam bagasi terdaftar. 

Tetapi perlu diperhatikan bahwa setiap maskapai penerbangan dan badan keamanan mungkin memiliki peraturan yang bervariasi.

Baca juga: 4 Cuaca yang Paling Sering Bikin Penerbangan Delay, Bukan Cuma Badai

Salah satunya, laptop harus dimatikan untuk mencegah pemanasan berlebihan dan risiko kebakaran.

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas Travel (@kompas.travel)

Kebakaran merupakan ancaman utama keamanan bagi perangkat elektronik di ruang kargo karena api dari baterai lithium-ion cenderung cepat berkembang dan sulit untuk dipadamkan.

Risiko menyimpan laptop di bagasi

Berikut ini adalah risiko menyimpan laptop di bagasi pesawat:

1. Rusak

Bagasi terdaftar sering kali ditangani dengan kasar, dan baru-baru ini, terjadi peningkatan signifikan dalam jumlah bagasi yang rusak, yang berarti kemungkinan laptop Anda mengalami kerusakan selama proses transit.

Ilustrasi laptop. Ilustrasi laptop merah putih.(Dok. SHUTTERSTOCK) Ilustrasi laptop. Ilustrasi laptop merah putih.

Disarankan untuk menempatkan laptop Anda dalam pelindung khusus dan membungkusnya di antara pakaian Anda untuk memberikan perlindungan maksimal.

2. Hilang

Pencurian dari bagasi terdaftar meningkat selama proses transit. Barang-barang elektronik yang mahal sering kali menjadi sasaran utama para pencuri. Meskipun Anda mengunci tas dengan baik, pencuri hanya memerlukan alat sederhana untuk membuka resletingnya.

Baca juga: 7 Tips Berpakaian Saat Penerbangan Jarak Jauh, Jangan Pakai Jeans

Disarankan untuk memasang pelacak pada tas laptop Anda, meskipun kemungkinan menemukannya sangat kecil. Sebagian besar maskapai penerbangan juga tidak bertanggung jawab atas barang yang hilang akibat pencurian dari bagasi terdaftar Anda.

3. Keamanan data

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah menghapus atau mengenkripsi data sensitif yang ada di laptop Anda agar tidak disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Ilustrasi data rahasia negaraThinkstock Ilustrasi data rahasia negara

Selain itu, pastikan untuk selalu mencadangkan data Anda ke dalam hard drive eksternal yang terpisah atau ke cloud. Seperti yang telah disebutkan, kerusakan parah pada laptop Anda dapat menyebabkan kehilangan data penting.

4. Risiko baterai meledak

Jika Anda biasanya membawa baterai cadangan untuk laptop Anda saat bepergian, sebaiknya tinggalkan saja di rumah. Baterai lithium-ion tidak diperbolehkan dalam kompartemen bagasi.

Baca juga: 7 Cara Screenshot di Laptop Windows untuk Semua Model dengan Mudah dan Praktis

Melansir ReadersDigest.com, Senin (1/04/2024) Dalam konteks bahan peledak, jenis baterai ini telah diketahui dapat meledak di tengah penerbangan, sehingga kini baterai ini dilarang kecuali jika terdapat di dalam perangkat yang menawarkan perlindungan. 

Namun jika dirasa memerlukan untuk membawa baterai cadangan laptop, sebaiknya Anda masukkan ke dalam tas jinjing dan tidak dimasukkan kedalam bagasi.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com