Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

25 Tempat Wisata Kendari Lengkap, Ada Pantai dan Bukit

Kompas.com - 22/08/2023, 23:32 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Kendari merupakan sebuah kota yang unik lantaran memiliki teluk, yakni Teluk Kendari. Ibu kota Provinsi Sumatera Tenggara ini, memiliki beragam destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Wisatawan bisa menjumpai pantai yang menawarkan pemandangan sunset eksotis, perbukitan hijau, wisata religi, pusat perbelanjaan, maupun wisata ikonik lainnya.

Baca juga:

Tempat wisata Kendari 

Kompas.com merangkum tempat wisata Kendari sebagai berikut.

1. Teluk Kendari 

Jembatan Teluk Kendari, Sulawesi TenggaraWikimedia Commons Jembatan Teluk Kendari, Sulawesi Tenggara

Teluk Kendari merupakan obyek wisata sekaligus ikon dari kota ini. Teluk Kendari cukup unik lantaran berada di tengah Kota Kendari sekaligus membagi wilayah tersebut menjadi dua bagian.

Terdapat Jembatan Teluk Kendari atau Kendari Bay Bridge yang menambah daya tarik kawasan ini. Jembatan yang diresmikan pada 22 Oktober 2020 ini, membentang sepanjang 1,34 km. 

Jembatan Teluk Kendari menghubungkan kawasan pelabuhan Kota Lama dengan Pulau Bungkutoko, berdasarkan informasi dari website Kementerian Keuangan. Jika dulunya masyarakat membutuhkan waktu 30-35 menit untuk menyeberang, kini hanya perlu waktu 5 menit saja.

2. Kendari Beach 

Pada tepian Teluk Kendari, wisatawan bisa menjumpai Kendari Beach atau lebih familiar dengan sebutan Kebi. Waktu terbaik untuk berkunjung ke Kendari Beach adalah sore menjelang senja, sehingga wisatawan bisa menyaksikan sunset.

Saat sunset, pengunjung Kendari Beach bisa menyaksikan lautan tenang dengan cahaya senja berwarna jingga, yang bagai lukisan, seperti dikutip dari Tribun News Sultra. Di sekitar pantai, terdapat penjual kuliner kaki lima.

Dari Kendari Beach, wisatawan juga bisa menyaksikan Jembatan Teluk Kendari.

3. Wisata Anjungan Teluk Kendari

Kapal wahana  di Anjungan Teluk Kendari, Sulawesi TenggaraTRIBUN SULTRA/LAODE ARI Kapal wahana di Anjungan Teluk Kendari, Sulawesi Tenggara

Wisata Anjungan Teluk Kendari merupakan obyek wisata baru yang diresmikan pada Rabu (9/2/2022) lalu. Obyek wisata ini berada di dekat Teluk Kendari, tepatnya di Jalan Ir. H Alala, Tipulu, Kendari Barat, Kota Kendari. 

Tempat wisata ini menawarkan sejumlah wahana kepada pengunjung, seperti bianglala, kora-kora, komedi putar, playground, dan jembatan kaca Teluk Kendari, berdasarkan informasi dari Tribun News Sultra.

Selain itu, terdapat foodcourt yang menyajikan berbagai jenis kuliner khas Kota Kendari.

4. Pantai Nambo

Pantai Nambohttps://www.antarafoto.com Pantai Nambo

Pantai Nambo berlokasi di Kecamatan Abeli, Kota Kendari. Daya tarik Pantai Nambo adalah hamparan pasir putih yang membentang kurang lebih 300 meter serta dikelilingi pepohonan, berdasarkan informasi dari Kompas.com (11/10/2022).

Tersedia sejumlah gazebo di pinggir pantai yang bisa dimanfaatkan wisatawan untuk santai.

Pantai ini juga memiliki ombak yang tenang serta air laut biru jernih. Jadi, wisatawan bisa leluasa beraktivitas di pantai, seperti berenang, naik perahu, atau sekadar duduk santai.

Baca juga:

5. Pantai Pirla

Pantai Piria berlokasi di Watu-Watu, Kendari Barat, Kota Kendari. Daya tarik Pantai Pirla adalah hamparan pasir putih dan air laut yang jernih. Selain itu, pantai ini memiliki ombak yang tidak terlalu besar sehingga aman bagi wisatawan untuk beraktivitas di tepian.

Terdapat berbagai warung kuliner di sekitar Pantai Pirla yang bisa dikunjungi untuk bersantap sambil memandang panorama pantai.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com