Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Tempat Wisata Alam di Kendari, Ada Teluk dan Kebun Raya

Kompas.com - 21/08/2023, 12:40 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Kendari merupakan ibu kota Provinsi Sulawesi Tenggara. Kota ini cukup unik lantaran berupa daratan dan perbukitan yang mengelilingi sebuah teluk, yakni Teluk Kendari.

Dengan kondisi geografis tersebut, ada beragam wisata alam di Kendari yang menarik untuk dikunjungi. Mulai dari wisata pantai, perbukitan, hutan mangrove, dan sebagainya.

Baca juga:

Kompas.com merangkum wisata alam di Kendari sebagai berikut.

1. Kebun Raya Kendari 

Kebun Raya Kendari, Sulawesi TenggaraDok. Kementerian PUPR Kebun Raya Kendari, Sulawesi Tenggara

Kebun Raya Kendari merupakan salah satu kebun raya di Indonesia yang berada di Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara. Tepatnya di Jalan Kebun Raya Nanga-Nanga, Anduonohu, Kecamatan Poasia, Kendari.

Lokasi Kebun Raya Kendari cukup strategis lantaran hanya berjarak 12 kilometer (km) atau 30 menit berkendara dari pusat kota. Daya tarik Kebun Raya Kendari adalah didirikan di atas lahan bekas tambang batu dan pasir serta perambahan hutan, berdasarkan informasi dari website Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

Kebun Raya Kendari memiliki luas 96 hektar, terdiri atas 18 hektar hutan lindung dan 78 hektar hutan produksi tetap. Selain beragam flora, Kebun Raya Kendari memiliki sejumlah fasilitas lainnya.

Pengunjung akan menjumpai aliran sungai kecil di tengah kebun raya sehingga menambah kesan sejuk dan segar.  Selain itu, Kebun Raya Kendari memiliki taman tematik, menara pandang, gazebo, camping ground, mushola, toilet, area parkir, visitor center, dan pusat studi atau penelitian.

2. Teluk Kendari

Jembatan Teluk Kendari, Sulawesi TenggaraWikimedia Commons Jembatan Teluk Kendari, Sulawesi Tenggara

Teluk Kendari merupakan salah satu tempat nongkrong di sore hari yang populer di kalangan warga setempat. Pengunjung bisa menyaksikan pemandangan sunset dari tepi teluk.

Selain itu, terdapat ikon Jembatan Teluk Kendari yang menambah daya tarik kawasan ini. Jembatan yang diresmikan pada 22 Oktober 2020 ini, membentang sepanjang 1,34 km. 

Jembatan Teluk Kendari menghubungkan kawasan pelabuhan Kota Lama dengan Pulau Bungkutoko, berdasarkan informasi dari website Kementerian Keuangan. Jika dulunya masyarakat membutuhkan waktu 30-35 menit untuk menyeberang, kini hanya perlu waktu 5 menit saja.

Baca juga:

3. Kendari Beach 

Pada tepian Teluk Kendari, wisatawan bisa menjumpai Kendari Beach atau lebih familiar dengan sebutan Kebi. Waktu terbaik untuk berkunjung ke Kendari Beach adalah sore menjelang senja, sehingga wisatawan bisa menyaksikan sunset.

Saat sunset, pengunjung Kendari Beach bisa menyaksikan lautan tenang dengan cahaya senja berwarna jingga, yang bagai lukisan, seperti dikutip dari Tribun News Sultra. Di sekitar pantai, terdapat penjual kuliner kaki lima.

4. Pantai Nambo

Pantai Nambo, Kendari, Sulawesi TenggaraShutterstock/Firdan Fahmi Pantai Nambo, Kendari, Sulawesi Tenggara

Selain Kendari Beach, kota ini masih memiliki sejumlah wisata pantai yang tidak kalah menarik. Salah satunya adalah Pantai Nambo yang berlokasi di Kecamatan Abeli, Kota Kendari.

Daya tarik Pantai Nambo adalah hamparan pasir putih yang membentang kurang lebih 300 meter serta dikelilingi pepohonan, berdasarkan informasi dari Kompas.com (11/10/2022). Tersedia sejumlah gazebo di pinggir pantai yang bisa dimanfaatkan wisatawan untuk santai.

Pantai ini juga memiliki ombak yang tenang serta air laut biru jernih. Jadi, wisatawan bisa leluasa beraktivitas di pantai, seperti berenang, naik perahu, atau sekadar duduk santai.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com