Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Mana Letak Pulau Labengki yang Dijuluki Miniatur Raja Ampat? 

Kompas.com - 24/08/2023, 19:40 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Nama Raja Ampat tentunya sudah familiar di telinga wisatawan. Kepulauan yang berada di Papua Barat ini, terkenal sebagai secuil surga di dunia lantaran memiliki pemandangan laut dan pulau-pulau yang mengagumkan.

Namun, apakah kalian tahu jika terdapat gugusan pulau yang dijuluki sebagai miniatur Raja Ampat? Kepulauan tersebut adalah Pulau Labengki

Baca juga:

Lantas, dimana letak Pulau Labengki dan apa pesonanya? Simak ulasannya berikut ini seperti dihimpun Kompas.com.

Di mana letak Pulau Labengki

Secara administratif, Pulau Labengki berada di Kecamatan Lasolo Kepulauan, Kabupaten Konawe Utara, Provinsi Sulawesi Tenggara.

Pulau Labengki dikelilingi dengan lautan. Terdapat beberapa pulau kecil di sekelilingnya, yaitu Pulau Bahubulu dan Pulau Manal.

Kondisi geografis Pulau Labengki adalah kepulauan. Berdasarkan informasi dari website Jejaring Desa Wisata, jumlah penduduk Pulau Labengki mencapai 523 jiwa pada 2021, dimana mayoritas bekerja sebagai nelayan.

Akses menuju Pulau Labengki hanya bisa dilalui lewat laut. Wisatawan bisa berangkat dari sejumlah tempat, salah satunya dari Pelabuhan Kota Kendari, dengan waktu tempuh sekitar 5 jam.

Baca juga:

Daya tarik Pulau Labengki 

Pulau Labengki, destinasi wisata di Sulawesi Tenggara.Dok. Shutterstock/krisbiantoandy Pulau Labengki, destinasi wisata di Sulawesi Tenggara.

Pulau Labengki dijuluki sebagai miniatur Raja Ampat lantaran memiliki pulau-pulau kecil yang dikelilingi oleh lautan biru. Wisatawan bisa mendaki puncak bukit untuk menyaksikan panorama menawan tersebut.

Tak hanya wisata di daratan, panorama bawah laut Pulau Labengki tidak kalah menawan. Wisatawan bisa snorkeling dan diving pada sejumlah titik di Pulau Labengki, berdasarkan informasi dari website Jejaring Desa Wisata.

Pulau Labengki juga memiliki kekayaan biota laut. Wisatawan bisa memancing beragam jenis ikan, seperti ikan kerapu, barakuda, tuna sirip kuning, hingga kakap merah, berdasarkan informasi dari Tribun News Wiki.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com