Makanan Pernikahan: Mana Lebih Praktis, Set Menu atau Buffet?

Kompas.com - 15/02/2020, 14:55 WIB
Suasana pernikahan di Fairmont Sanur dok. Fairmont SanurSuasana pernikahan di Fairmont Sanur


JAKARTA, KOMPAS.com - Hal yang harus ada dalam resepsi pernikahan adalah makanan. Terkadang, memilih paket makanan buffet atau set menu bisa membuat calon mempelai dilema.

Baca juga: Ingin Menikah di Hotel? Ini Budget dan Fasilitasnya

Buffet menawarkan tamu bebas untuk mengambil makanan yang telah disediakan pelayan di stand makanan. Buffet juga dikenal di masyarakat dengan sebutan prasmanan.

Tamu bisa mengambil dengan leluasa sesuai selera mereka. Sedangkan set menu, tamu akan duduk pada sebuah meja dan para pelayanan menghidangan satu persatu makanan ke meja tamu.

Para calon mempelai pasti akan memikirkan mana yang lebih efektif dan mana yang lebih sesuai dengan kebutuhan.

Berikut tips memilih tipe makanan menurut staff hotel yang sering menangani pesta pernikahan di hotel.

Menurut Maourin Tannia Mice & Wedding Manager Fairmont Sanur Beach Bali, jika penggunaan paket set menu memakan waktu resepsi lebih lama. Sajian yang dihidangkan dari makanan pembuka, hidangan utama dan hidangan penutup harus dikeluarkan satu persatu.

Pelayan harus memastikan semua tamu undangan telah selesai menyantap satu hidangan.

"Kalau undangannya 100 orang, 50 orang sudah selesai makan, namun 50 orang lainnya belum selesai makan, maka harus menunggu selesai semua. Hal itu cukup memakan banyak waktu," papar Maourin saat ditemui oleh Kompas.com di Senayan, Rabu (12/2/2020).

Baca juga: Kue Pernikahan Harry-Meghan Mendobrak Tradisi Royal Wedding

Sementara itu, buffet menu dinilai lebih praktis dalam hal waktu. Pengunjung bebas memilih makanan untuk kapanpun selama acara berlangsung.

Set menu juga dianggap lebih mahal dari pada prasmanan. Set menu harus mengeluarkan lebih banyak tenaga dan fasilitas untuk menghidangkan makanan.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X