Tips dan Cara Masak Steak ala Restoran di Rumah untuk Pemula

Kompas.com - 03/04/2020, 12:02 WIB
Grill pan, salah satu alat panggang untuk memasak barbeque Korea. shutterstock.comGrill pan, salah satu alat panggang untuk memasak barbeque Korea.


JAKARTA, KOMPAS.com – Pertama kali membuat steak di rumah? Tidak perlu khawatir, caranya cukup mudah dengan persiapan yang cukup sederhana.

Menurut Executive Sous Chef di JW Marriott Jakarta, Heri Purnama, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan ketika mencoba untuk memasak steak ala restoran di rumah.

Setelah kamu mendapatkan daging dengan potongan yang kamu inginkan, saatnya mengolah steak.

Pertama, kamu harus memberikan bumbu pada daging. Cukup gunakan butter, garam, dan merica saja yang dibalurkan merata pada daging. Butter juga bisa diganti dengan minyak zaitun.

Baca juga: Cara Membuat Telur Rebus, Telur Goreng, dan Telur Orak-arik yang Lezat

Melumuri daging dengan butter atau minyak cukup penting agar kematangan daging merata. Selain itu, tips penting lain ketika masak steak di rumah adalah pilih daging dengan ukuran yang tidak terlalu tebal.

Selanjutnya, siapkan alat masak. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk memasak steak. Kamu bisa menggunakan penggorengan di atas kompor, pemanggang atau grill, dan oven.

“Gunakan non-sticky pan atau wajab anti lengket, spatula atau penjepit berbahan stainless, pepper mill (penggiling merica)," jelas Heri pada Kompas.com, Kamis (2/4/2020).

Panci dan Penggorengan teflon, alat masak berbahayaShutterstock Panci dan Penggorengan teflon, alat masak berbahaya

Alat lain yang ia rekomendasikan adalah pemukul daging yang berguna untuk melunakkan tekstur daging. Kemudian tentu pisau dan talenan.

“Untuk acara barbekyu biasanya diperlukan kompor barbeque, tusuk sate besi, dan arang untuk kompor yang tidak pakai gas,” lanjutnya.

Untuk memasak steak di atas penggorengan, banyak yang juga menggunakan oven.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X