Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/08/2020, 22:00 WIB
Kahfi Dirga Cahya

Penulis

KOMPAS.com - Kawasan Gunung Soputan di Kabupaten Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara, diusulkan menjadi tempat wisata nasional ke Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

"Kawasan tempat wisata Gunung Soputan akan terus di kembangkan. Kami dari Pemkab berencana untuk mengusulkan kawasan ini menjadi tempat wisata nasional," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Sartje Taogan di Ratahan, dikutip dari Antara, Kamis (13/8/2020).

Ia menambahkan Pemerintah Kabupaten Minahasa (Pemkab) telah membentuk tim yang terdiri dari sejumlah instansi teknis untuk melakukan pengembangan kawasan.

"Kami sangat serius untuk mengembangkan wilayah sekitar Gunung Soputan. Hari ini tim bersama Dinas PU sudah turun ke lokasi untuk menentukan area yang bakal dijadikan lokasi pengembangan wisata gunung,” jelasnya.

Baca juga: Kawasaran, Ritual Berusia 1.800 Tahun dari Minahasa

Pengembangan tersebut, lanjut dia, sangat mendesak untuk dilakukan, karena area sekitar wilayah Gunung Soputan merupakan kawasan hutan lindung.

“Seperti yang dikatakan Bupati James Sumendap, untuk pengembangan di wilayah tersebut perlu izin. Makanya kami saat ini kami berkonsultasi dengan pihak kehutanan, dalam hal ini Badan Pemantapan Kawasan Hutan (BPKH) Wilayah Enam Manado,” ujarnya.

Konsultasi tersebut terkait dengan penentuan koordinat yang akan dijadikan pengembangan wisata gunung.

“Sesuai instruksi, Bupati juga meminta kami untuk menyurat ke Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan," katanya.

"Sebab sesuai rencana ada delapan spot wisata di kaki Gunung Soputan yang akan kita siapkan untuk jadi kawasan wisata gunung,” tandasnya.

Baca juga: Kisah Kuburan Orang Minahasa Kuno di Desa Sawangan

Adapun beberapa spot wisata gunung yang bakal dikembangkan, di antaranya treking gunung khusus untuk wisatawan yang senang petualangan dengan mendaki gunung.

Selain itu ada juga jalur off road untuk kendaraan baik kendaraan roda dua dan empat bagi wisatawan yang hobi petualangan dan otomotif.

Fasilitas wisata, seperti gazebo, rest room, dan tempat ganti, begitu juga spot untuk atraksi, seperti paralayang di siang hari serta balon udara di malam hari, serta spot rekreasi lain untuk swafoto, ayunan, dan lainnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com