Seluruh Tempat Wisata di Klaten Sudah Buka Kembali

Kompas.com - 01/11/2020, 19:07 WIB
Waduk Rowo Jombor di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYAWaduk Rowo Jombor di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

KOMPAS.com – Seluruh tempat wisata di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah sudah dibuka kembali dan siap menyambut wisatawan.

“Semua tempat wisata sudah dibuka, baik yang dikelola pemerintah maupun desa,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Klaten Sri Nugroho kepada Kompas.com, Minggu (1/11/2020).

Bagi yang ingin menikmati wisata umbul khas Klaten, Nugroho mengatakan bahwa seluruh wisata air sudah dibuka sejak Rabu (28/10/2020).

Baca juga: Asyik, Seluruh Wisata Air di Klaten Sudah Buka Lagi

Sementara bagi wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam Kabupaten Klaten, seluruh tempat wisata alam sudah dibuka kembali sejak Selasa (11/8/2020).

Beberapa tempat wisata yang sudah bisa dikunjungi di Klaten, antara lain adalah Umbul Ponggok, Umbul Sigedang, Umbul Pelem, Umbul Kemanten, dan Pesona Alam Tirta.

Candi Prambanan.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Candi Prambanan.

Ada juga Umbul Susuhan, Kolam Renang Bale Tirta, Umbul Besuki, Candi Prambanan, Bukit Cinta, Bukit Sidoguro, Kawah Putih, Desa Wisata Bugisan, Pancingan 100, dan Rowo Jombor.

Tegakkan protokol kesehatan

Untuk protokol kesehatan, seluruh wisatawan wajib memakai masker selama melakukan kegiatan wisata.

“(Lewati) pengukuran suhu tubuh, jaga jarak minimal satu meter, dan cuci tangan pakai sabun,” tutur Nugroho.

Baca juga: Watergong Klaten, Sungai Kotor yang Kini Jernih dan Penuh Ikan seperti di Jepang

Selain itu, seluruh tempat wisata yang telah dibuka juga sudah dibatasi kapasitas kunjungan per hari secara bertahap menjadi 20-50 persen.

Terkait pembatasan waktu kunjungan, saat ini wisatawan yang hendak berlibur ke obyek wisata air di Klaten akan dibatasi satu jam per orang.

“Semua pengunjung wajib mematuhi protokol kesehatan, sehingga tidak ada klaster baru yang timbul dari wisata,” pungkas Nugroho.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X