Kompas.com - 04/04/2021, 09:09 WIB
Ilustrasi. ShutterstockIlustrasi.

 

KOMPAS.comChina akan mempermudah aturan visa bagi warga negara asing yang telah  menerima vaksin COVID-19 buatan Negeri Tirai Bambu.

Kebijakan yang disampaikan pada Senin (15/3/2021) itu merupakan langkah baru untuk menormalkan perjalanan internasional.

Mengutip Reuters.com , Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China Zhao Lijian mengatakan bahwa saat ini penumpang dari negara lain yang bepergian ke China melalui udara masih perlu menunjukkan hasil tes negatif, meski sudah divaksinasi.

"Wisatawan harus mematuhi peraturan terkait karantina dan observasi China setelah memasuki China," kata Zhao.

Baca juga: Wajibkan Pelancong dari Luar Negeri Tes Usap Anal untuk Deteksi Covid-19, China Diprotes

Namun, transkrip tersebut tidak memberikan perincian lebih lanjut tentang bagaimana aplikasi visa akan disederhanakan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebelumnya, Kedutaan Besar China di Filipina mengatakan pada Hari Senin bahwa China akan kembali ke persyaratan visa pra-pandemi bagi mereka yang telah divaksinasi penuh dengan vaksin buatannya.

Ilustrasi Tembok Besar China.pixabay.com/jplenio Ilustrasi Tembok Besar China.

 

Pada Hari Sabtu, China mengumumkan prosedur visa yang disederhanakan untuk orang asing yang divaksinasi memasuki Hong Kong.

Selain itu, China juga telah mengekspor sebagian besar vaksinnya ke negara-negara berkembang.

Hal ini mendorong Amerika Serikat, Australia, Jepang dan India sebagai produsen vaksin untuk mengumumkan rencana mendistribusikan vaksin di Asia dalam kompetisi yang dikenal sebagai “diplomasi vaksin”.

Baca juga: Tembok Besar China Penuh Wisatawan, Seolah Tak Ada Covid-19

Di samping itu, China tetap membatasi masuknya warga negara asing untuk mencegah risiko munculnya kasus baru. Mereka hanya mengizinkan warga negara asing yang memiliki keperluan tertentu, seperti bekerja.

Adapun, China memang berhasil mengendalikan Covid-19 di dalam negeri sejak pertama kali muncul di kota Wuhan pada akhir 2019.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.