Kompas.com - 15/04/2021, 07:07 WIB
Mandalika International Street Circuit atau Sirkuit Mandalika Dok. MGPAMandalika International Street Circuit atau Sirkuit Mandalika

KOMPAS.com - Diundurnya MotoGP Indonesia yang merupakan ajang balap kejuaraan dunia, menjadi peluang bagi Indonesia untuk mempersiapkan acara lebih baik, khususnya dari segi promosi pariwisata.

Hal itu disampaikan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno dalam agenda " Weekly Press Briefing" Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Senin (12/4/2021)

Perhelatan MotoGP yang semula akan berlangsung di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat tahun 2021, resmi diundur pada Maret 2022.

"Karena situasi Covid-19 dan keharusan kita untuk mengedepankan penanganan Covid-19, maka keputusan yang diambil bahwa MotoGP akan dilaksanakan di Bulan Maret 2022," kata Sandiaga.

Baca juga: Itinerary 3 Hari 2 Malam Wisata di Sekitar Sirkuit MotoGP Mandalika

Ia melanjutkan, diundurnya event itu jadi kesempatan untuk promosi karena lebih banyak persiapan untuk promosi dari segi pariwisata.

Kemenparekraf pun memanfaatkan penundaan ajang balap tersebut untuk terus melakukan berbagai persiapan lainnya, salah satunya memperbaiki kualitas sirkuit dan lintasan.

Ilustrasi layout sirkuit Mandalika di Lombok untuk tuan rumah MotoGP 2021.motogp.com Ilustrasi layout sirkuit Mandalika di Lombok untuk tuan rumah MotoGP 2021.

"Di bulan November akan ada superbike dan mungkin ada testing-testing dari penyiapan MotoGP," ujar Sandiaga.

Begitu sirkuit selesai Bulan Juli, pihaknya akan terus melakukan persiapan dan uji coba agar makin siap saat saat gelaran MotoGP tahun depan.

MotoGP 2021 diundur

Sebelumnya, Sirkuit Mandalika ditargetkan bisa menjadi tuan rumah pergelaran MotoGP pada musim ini. Bahkan, Sirkuit Mandalika sudah masuk dalam daftar cadangan pada kalender MotoGP 2021.

Namun, rencana berubah setelah perwakilan FIM dan Dorna Sports melakukan kunjungan ke Sirkuit Mandalika pada Rabu (7/4/2021).

Baca juga: Pembangunan Infrastruktur MotoGP 2021 di Mandalika Tetap Berjalan

Walaupun demikian, Sandiaga mengatakan, pihak FIM dan Dorna Sports mengaku terkesan dengan pembangunan Sirkuit Mandalika setelah melihat langsung pembangunan sirkuit tersebut.

"Tentunya kami sangat berterima kasih dan sangat bersyukur bahwa persiapan sirkuit diacungkan dua jempol oleh penyelenggara MotoGP," sambung dia.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X