Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - Diperbarui 27/09/2021, 12:17 WIB
Desy Kristi Yanti,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Desa Wisata Candirejo merupakan salah satu desa wisata Magelang yang terletak di jalan Candi Rejo Borobudur, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang.

Tempat wisata Magelang ini terkenal akan pesona alam pedesaannya yang masih alami dan asri. Tambahan pula panorama perpaduan lanskap Gunung Menoreh yang mampu memukau wisatawan.

Baca juga: 5 Aktivitas Seru di Desa Wisata Candirejo Magelang, Bisa Rafting

Jaraknya kurang lebih tiga kilometer dari arah tenggara Candi Borobudur. Apabila sedang berlibur ke Borobudur, tidak ada salahnya untuk mampir dan menjelajahi tempat ini.

Pemandangan kawasan Desa Wisata Candirejo di Kabupaten MagelangDok. Desa Wisata Candirejo Pemandangan kawasan Desa Wisata Candirejo di Kabupaten Magelang

Berbagai daya tarik dan kegiatan wisata dapat ditemukan di Desa Wisata Candirejo. Mulai dari jelajah wisata alam, wisata budaya dan kesenian, kerajinan tangan, hingga wisata kuliner.

Wisatawan bisa melihat aneka atraksi dan tradisi lokal seperti, upacara adat Nyadran dan Sedekah Bumi.

Baca juga: Itinerary Wisata Magelang Terbaru, Seharian Puas Jalan-jalan

Adapun kesenian lokal yang ada di desa wisata tersebut di antaranya Jathilan dan Kubrosiswo. Ada pula industri rumah tangga berupa kerajinan bambu dan pandan.

Ada beberapa situs budaya di Desa Wisata Candirejo, antara lain Watu Kendil, Toyo Asin, Watu Tumbak, Tempuran Kali Progo, dan Pabelan.

Sejarah Desa Wisata Candirejo, dulunya desa miskin

Tradisi Seni Serat Gatholoco di Desa Wisata CandirejoDok. Desa Wisata Candirejo Tradisi Seni Serat Gatholoco di Desa Wisata Candirejo

Konon, kata Candirejo berasal dari candighra. Namun, seiring waktu penyebutan berubah menjadi Candirga, lalu Candirja, dan akhirnya menjadi Candirejo hingga saat ini.

Kata candi sendiri berarti batu dan rejo artinya subur. Candirejo diartikan sebagai wilayah yang banyak batu tetapi subur.

Salah satu pengurus Koperasi Desa Wisata Candirejo yang bernama Rifa menceritakan, dulunya desa wisata ini merupakan kawasan pedesaan biasa.

Bahkan, sekitar tahun 1996, Desa Candirejo masuk kategori desa miskin di kawasan Kecamatan Borobudur.

"Dari 20 desa ini, Candirejo masuk urutan 17 desa termiskin, masuk kawasan peta miskin," ucap Rifa saat dihubungi Kompas.com, Selasa (8/6/2021).

Baca juga: 5 Tempat Wisata Magelang Terbaru, Pas untuk Melepas Penat

Akhirnya, lanjut Rifa, Kepala Desa Candirejo menginisiasi pengembangan desa menjadi desa wisata untuk meningkatkan ekonomi warga sekitar dengan memanfaatkan Candi Borobudur sebagai salah satu daya tariknya.

Kepala desa bersama dengan tokoh masyarakat, pemerintah desa, dan tokoh ulama mulai membahas konsep pembentukan Desa Wisata Candirejo.

"Setelah itu kami membentuk tim kerja, jadi ada pokja (kelompok kerja) dusun, ada pokja desa. Jadi pokja di dusun ini yang tugasnya menyampaikan atau menyosialisasikan terkait dengan konsep desa wisata ke masyarakat," tutur Rifa.

Sebelum peresmian Desa Wisata Candirejo, pihak desa pun telah menyiapkan warga desa yang akan menjadi pelaku pariwisata di sana. Setelah itu mereka dilatih untuk menjadi pemandu wisata.

Adapun, Desa Wisata Candirejo terdiri dari 15 dusun. Pihak desa pun melakukan pemetaan lokasi berdasarkan potensi wisata dari masing-masing dusun untuk dijadikan paket wisata.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com