Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/07/2021, 14:01 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

KOMPAS.com - Bandara Internasional Husein Sastranegara di Bandung, Jawa Barat, tetap beroperasi walau semua maskapai penerbangan membatalkan penerbangannya (cancel flight), Kamis (22/7/2021).

Hal tersebut dikonfirmasi oleh Executive General Manager Bandara Husein Sastranegara, R Iwan Winaya.

"Walaupun tidak ada penerbangan komersial, bandara tetap beroperasi karena bandara masih bisa melayani penerbangan VIP, penerbangan maintenance pesawat, maupun penerbangan militer," tegas Iwan, Kamis.

Selain itu, sejumlah layanan di bandara juga tetap beroperasi, di antaranya rapid test antigen, rapid test PCR, dan vaksinasi.

"Vaksinasi yang ada di bandara juga tetap beroperasi baik untuk penumpang maupun masyarakat umum," katanya.

Baca juga: Hari Ini, Semua Penerbangan di Bandara Husein Sastranegara Bandung Batal

Semua maskapai penerbangan cancel flight

Ilustrasi koperSHUTTERSTOCK Ilustrasi koper

Iwan menjelaskan bahwa cancel flight terjadi pada 19, 21, dan 22 Juli 2021. 

Adapun pada tanggal 20 Juli masih ada penerbangan dua pesawat dengan rute Bandung - KNO dan KNO - Bandung. KNO adalah kode bandara untuk Bandara Internasional Kualanamu di Sumatera Utara.

Ia belum bisa memastikan apakah cancel flight juga terjadi pada Jumat (23/7/2021) esok lantaran menunggu kabar dari pihak maskapai penerbangan. 

"Kalau dia terbang, nanti kita sampaikan kalau ada penerbangan. Tapi, yang memutuskan terbang atau tidak sepenuhnya dari teman-teman maskapai. Adapun bandara tidak pernah tutup," ujarnya.

Terdapat tiga alasan mengapa maskapai penerbangan memutuskan untuk cancel flight, salah satunya adalah komersial (commercial reason).

"Kalau commercial reason berkaitan dengan jumlah penumpang yang mau diangkut. Umpamanya, tidak ada penumpang sama sekali atau penumpangnya hanya tiga orang, lima orang, itu kebijakan maskapai juga apakah tetap akan terbang atau cancel flight," jelasnya.

Baca juga: Cara Cetak Kartu Vaksin Covid-19 untuk Naik Pesawat

Trafik penumpang turun

Bandara Husein Sastranegara mengalami penurunan trafik penumpang jika dibandingkan antara sebelum kebijakan PPKM Darurat dengan setelah PPKM Darurat.

Sebagai informasi, PPKM Darurat untuk wilayah Pulau Jawa dan Bali diberlakukan pada 3-20 Juli 2021, kemudian diperpanjang hingga 25 Juli 2021. Pemerintah berencana melonggarkan kebijakan tersebut secara bertahap mulai 26 Juli 2021 jika tren kasus Covid-19 menurun.

"Kurang lebih penurunannya hampir 80 persen karena sebelum ada PPKM (Darurat), pakai antigen bisa, pakai swab juga bisa," kata Iwan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com