Gantari: The Final Journey to Java, Gelaran Busana Batik di Candi Prambanan

Kompas.com - 05/10/2021, 11:31 WIB

 

KOMPAS.com – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bekerja sama dengan Lakon Indonesia menginisiasi event Gantari: The Final Journey to Java di Candi Prambanan untuk merayakan Hari Batik Nasional pada Sabtu (2/10/2021).

Menparekraf Sandiaga Uno mengatakan, pagelaran busana yang akan diselenggarakan pada Sabtu (9/10/2021) ini akan menampilkan 125 koleksi pakaian batik siap pakai yang dapat digunakan seluruh kalangan usia.

Baca juga:

“Lakon keluarkan beragam produk pakaian dengan bahan batik dan bisa digunakan sebagai ready to wear dalam keseharian. Bukan hanya untuk acara resmi,” kata dia dalam Weekly Press Briefing, Senin (4/10/2021).

Gantari: The Final Journey to Java juga merupakan hasil dari kerja sama dengan Badan Otorita Borobudur (BOB).

Ilustrasi batik tulis Ilustrasi batik tulis

Langkah mengapresiasi batik dan perempuan Indonesia

Founder Lakon Indonesia Thresia Mareta mengatakan, pagelaran busana batik yang melibatkan 1.000 pelaku ekonomi kreatif ini juga langkah untuk mengapresiasi budaya Indonesia.

Tidak hanya itu, dalam kesempatan yang sama, dia juga menambahkan bahwa acara tersebut merupakan penghormatan untuk para perempuan di Indonesia.

Baca juga:

“Kami sadar, perempuan adalah kunci dari pewarisan nilai luhur dan etika dalam peradaban manusia dari dulu, sekarang, dan masa yang akan datang,” ungkap Thresia.

Ia melanjutkan, Gantari akan diwarnai karya-karya yang halus sebagai penanda bahwa banyak mahakarya di dunia dihasilkan perempuan.

“Entah itu bersumber dari perempuan, terinspirasi dari perempuan, atau dihasilkan oleh perempuan,” sambung dia.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.