Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bandara Adisutjipto Yogyakarta Kembali Buka Rute Yogyakarta-Bali

Kompas.com - 26/11/2021, 20:14 WIB
Nabilla Ramadhian,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

Sumber Antara

KOMPAS.com – Bandara Internasional Adisutjipto di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), kembali melayani rute penerbangan Yogyakarta-Bali mulai Jumat (26/11/2021).

“Perjalanan udara dari Bandara Adisutjipto Yogyakarta menuju I Gusti Ngurah Rai Bali beroperasi setiap hari,” ujar General Manager Bandara Adisutjipto Agus Pandu Purnama secara tertulis, mengutip Antara, Jumat.

Baca juga:

Dirinya melanjutkan, rute penerbangan Yogyakarta-Bali akan dilayani pukul 07.50 WIB dan 15.40 WIB dengan maskapai Wings Air.

Pesawat yang digunakan bertipe ATR dengan kapasitas sekitar 60 orang.

“Perjalanan dari Yogyakarta menuju Bali ditempuh lebih kurang 1 jam 30 menit,” imbuh Pandu.

Syarat naik pesawat dari Yogyakarta ke Bali

Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali.Humas Bandara I Gusti Ngurah Rai Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali.

Pandu menjelaskan, calon wisatawan yang hendak melakukan perjalanan pada rute penerbangan Yogyakarta-Bali wajib memenuhi sejumlah persyaratan.

Adapun aturan itu tertuang dalam Ketentuan Perjalanan Udara Surat Edaran (SE) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Nomor 96 Tahun 2021. Berikut Kompas.com rangkum:

Baca juga: Pandemi Covid, Perajin Bakpia Jogja Buat Berbagai Varian Rasa Baru

  • Wajib menunjukkan bukti vaksin Covid-19 minimal dosis pertama dan hasil negatif tes PCR yang berlaku selama 3x24 jam, atau
  • Wajib menunjukkan bukti vaksin Covid-19 dosis lengkap dan hasil negatif tes rapid antigen yang berlaku selama 1x24 jam

Menurut Pandu, Yogyakarta dan Bali merupakan destinasi wisata yang sangat populer bagi wisatawan Nusantara (wisnus) dan wisatawan mancanegara (wisman).

Baca juga: Itinerary Sehari di Gunungkidul Yogyakarta, Kemah di Bukit Pengilon

“Mudah-mudahan, dengan tambahan rute menuju Bali melalui Bandara Adisutjipto, masyarakat yang sedang berada di Yogyakarta tergerak lagi untuk kembali ke Bali. Sehingga dunia pariwisata Indonesia bisa semakin menggeliat,” pungkas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com