Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/04/2022, 19:32 WIB

KOMPAS.com - Aplikasi Mobile Paspor (M-Paspor) untuk sementara sedang dalam masa perbaikan terhitung Jumat (8/4/2022), lantaran adanya kendala teknis yang terjadi selama dua pekan terakhir.

Direktur Lalu Lintas Keimigrasian, Amran Aris, menyampaikan, akan dilakukan perbaikan selama beberapa hari ke depan hingga aplikasi benar-benar bisa digunakan kembali oleh masyarakat.

“Betul, sedang diperbaiki untuk sementara waktu. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi dan perbaikan ini akan selesai dalam waktu yang tidak terlalu lama sehingga bisa digunakan kembali memfasilitasi para pemohon paspor," kata Amran, dikutip dari keterangan resmi yang Kompas.com terima, Jumat. 

Baca juga:

Pengurusan paspor bisa langsung ke kantor imigrasi terdekat

Aplikasi M-PasporKOMPAS.com/IRFAN KAMIL Aplikasi M-Paspor

Masyarakat yang kesulitan mengakses M-Paspor, Amran mengimbau agar datang langsung ke kantor imigrasi terdekat.

Nantinya pelayanan akan dibantu oleh staf imigrasi di tempat secara walk-in (datang langsung tanpa perjanjian).

“Bagi masyarakat yang baru akan melakukan pengurusan paspor, kami persilakan datang langsung ke kantor imigrasi. Petugas imigrasi siap membantu pengurusan paspor Anda,” ujarnya.

Ia pun mengakui, terjadi peningkatan permintaan pembuatan paspor, lantaran kondisi pandemi Covid-19 yang kian membaik.

Sebagai informasi, M-Paspor yang dirilis pada 26 Januari 2022 lalu ini telah menjadi prosedur pra-pengurusan paspor di 126 kantor imigrasi di seluruh Indonesia.

Baca juga:

M-Paspor pada awalnya diinisiasi untuk memfasilitasi pemohon melakukan pra-permohonan paspor, dengan mengisi formulir dan mengunggah berkas ke aplikasi secara mandiri.

Dengan demikian, pemohon cukup menunjukkan berkas aslinya saat datang ke kantor imigrasi, sehingga memangkas waktu tatap muka.

Adapun fitur-fitur unggulan M-Paspor, antara lain Pembayaran PNBP di Awal, Cek Status Permohonan Paspor, Validasi NIK Dukcapil, Reschedule Jadwal Kedatangan, dan Integrasi Dokumen Perjalanan RI.

Bagi masyarakat yang sudah membayar dan mengalami kendala saat pengurusan paspor melalui M-Paspor, bisa menghubungi konsultasi keimigrasian di www.imigrasi.go.id.

Baca juga: Ketentuan Reschedule Wawancara Paspor yang Lewat dari Jadwal

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+