Kompas.com - 01/05/2022, 08:16 WIB

KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno akan memperkenalkan minyak atsiri kepada delegasi dari negara-negara anggota G20, khususnya yang hadir di Side Event International Wellness Tourism Conference & Festival (IWTCF) di Solo, Jawa Tengah.

Berdasarkan situs web resmi Side Events G20, IWTCF akan diselenggarakan pada 5 - 7 Agustus 2022 di hotel Alila Solo.

Minyak atsiri atau minyak esensial adalah ekstrak minyak harum yang didapat dari hasil penyulingan tanaman, bunga, akar, kayu, atau biji buah,  dilansir dari Kompas.com, Selasa (12/6/2018).

Baca juga:

Salah satu manfaat minyak tersebut adalah untuk relaksasi atau menenangkan pikiran.

“Dahulu di tahun sebelum kemerdekaan, minyak atsiri Indonesia ini sudah dikenal di Eropa. Kesempatan kita nanti untuk me-relaunch atau me-launching kembali (meluncurkan kembali) supaya kita bisa mengambil pasar ekspor produk berbasis kesehatan,” ujar Sandiaga, dikutip dari keterangan resmi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sabtu (30/4/2022).

Ilustrasi spa.SHUTTERSTOCK / AboutLife Ilustrasi spa.

Dalam IWTCF bertema A Sustainability Strategy for The World Tourism Recovery and Growth Through Wellness Tourism For All (strategi keberlanjutan untuk pertumbuhan dan pemulihan pariwisata dunia melalui wisata kebugaran bagi semua) itu, pihaknya berencana untuk mempromosikan destinasi dan produk wisata wellness di Indonesia. 

Adapun wellness tourism atau wisata kebugaran merupakan liburan yang menitikberatkan tujuan memelihara, mengelola, dan meningkatkan kesehatan serta kondisi tubuh secara keseluruhan, sebagaimana dilaporkan oleh Kompas.com, Selasa (7/12/2021).

Baca juga:

"Kami akan mendeklarasikan pengembangan pariwisata wellness di Indonesia, memamerkan, dan mempromosikan destinasi dan produk wellness tourism Indonesia, serta membangun jaringan dan kolaborasi," tuturnya.

Ia juga berencana menampilkan produk ekonomi kreatif Indonesia yang telah lolos kurasi dalam acara side event tersebut.

Sebagai informasi, Indonesia menjadi presidensi atau tuan rumah Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20, yang berlangsung mulai 1 Desember 2021 hingga 30 November 2022, menurut Kompas.com, Jumat (28/1/2022).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.