Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/06/2022, 17:05 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

MAGELANG, KOMPAS.com - Pemerintah menargetkan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia pada tahun 2022 mencapai 3,6 juta wisatawan. Angka tersebut tidak lepas dari dampak pandemi Covid-19 terhadap sektor pariwisata.

Direktur Pemasaran Pariwisata Regional II Kementerian Pariwisata Ekonomi Kreatif, Agustini Rahayu, mengatakan, pihaknya menargetkan angka kunjungan wisman ke Indonesia sekitar 1,8 juta sampai 3,6 juta orang.

“Dari target tersebut, hingga April kemarin angka kunjungan wisatawan asing masih sedikit, yakni baru mencapai 313.000 wisatawan mancanegara,” kata Agustini.

Baca juga: Surat Terbuka untuk Jokowi Soal Pariwisata Bali dari IINTOA, Ini Isinya

Sekitar 313.000 wisman tersebut, lanjutnya, berasal dari delapan negara di benua Eropa, Asia, Australia, dan Amerika.

“Delapan negara yang telah membuka akses kunjungan wisatawan ke Indonesia tersebut, Australia, Singapura, Malaysia, Belanda, Perancis, Amerika, Jerman, dan Inggris,” katanya.

 

Menurutnya, angka kunjungan wisman yang masih sedikit itu disebabkan beberapa faktor, salah satunya masih ada beberapa negara yang belum membuka akses untuk bepergian ke luar negeri akibat pandemi Covid-19.

Oleh sebab itu, pemerintah dan pelaku pariwisata terus berupaya agar kunjungan wisman ke Tanah Air bangkit kembali pascapandemi ini.

Baca juga:

Joglosemar IINTOA Table Top 2022 di Hotel Atria Kota Magelang, Jawa Tengah, Selasa (28/6/2022).KOMPAS.COM/IKA FITRIANA Joglosemar IINTOA Table Top 2022 di Hotel Atria Kota Magelang, Jawa Tengah, Selasa (28/6/2022).

Salah satunya dengan menyelenggarakan event Joglosemar IINTOA Table Top 2022 di Atria Hotel Magelang di Kota Magelang, Jawa Tengah, pada 27-30 Juni 2022.

 

Sebanyak 80 buyers (pembeli) dari berbagai daerah di Indonesia mengikuti kegiatan yang didukung oleh Kementerian Pariwisata Ekonomi Kreatif tersebut.

Ketua Panitia Joglosemar IINTOA Table Top 2022, Joko Purwanto, mengatakan bahwa sebenarnya buyers yang mendaftar secara luring ada 200 buyers, namun setelah diseleksi hanya 80 buyers yang mengikuti acara itu.

"Selain luring, acara ini juga diikuti 450 buyers dan 54 sellers (penjual) yang hadir secara daring," kata Joko. 

Ia menjelaskan, kegiatan ini merupakan ajang pertemuan sellers dan buyers dalam rangka menggaet wisman dari seluruh penjuru dunia ke Indonesia. 

Baca juga: Sandiaga Tanggapi Surat Terbuka Soal Pariwisata untuk Presiden Jokowi dari IINTOA

Para penjual merupakan industri pariwisata yang terdiri dari usaha akomodasi (hotel), obyek wisata, usaha transportasi, UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah), dan sarana pendukung pariwisata yang ada di Yogyakarta, Solo, dan Semarang.

Mereka dipertemukan dengan pembeli yang terdiri dari biro perjalanan wisata (BPW) dari 69 perusahaan yang tergabung dalam Indonesia Inbound Tour Operator Association (IINTOA).

 

Joko menambahkan, pihaknya mengundang tour operators, media, dan influencers melalui VITO (Visit Indonesia Tourism Officer) di 20 negara secara virtual, dan telah terdaftar sebanyak 250 perusahaan serta dilakukan di tempat yang sama.

“Kegiatan ini juga untuk membangkitkan kembali dunia pariwisata Indonesia dan juga untuk menjalin jejaring ke seluruh penjuru dunia,” tuturnya.

Baca juga:

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com