Tingkat Kematangan dan Tips Memasak Steak ala Hotel Mewah di Bandung

Kompas.com - 31/05/2020, 19:31 WIB
Steak dengan saus bearnaise. SHUTTERSTOCK/DOLIUXSteak dengan saus bearnaise.

JAKARTA, KOMPAS.com - Memasak steak di rumah ala hidangan mewah dari restoran terbilang cukup mudah. Kamu bisa membuat steak sesuai seleramu mulai dari rasa sampai tingkat kematangannya.

Pada Selasa (28/4/2020), Executive Chef GH Universal Hotel Bandung Anton Kuswendi membagikan resep Steak Sandwich melalui Live Cooking Instagram @kompas.travel.

Baca juga: Steak Sandwich, Resep untuk Buka Puasa Praktis dengan Makanan ala Barat

Disela-sela membuat hidangan tersebut, Chef Anton juga memberikan beberapa tips bagaimana mengolah dan mengetahui tingkat kematangan steak.

Tingkat kematangan steak

"Pada dasarnya tingkat kematangan daging ada lima tingkatan, rare, medium rare, medium, medium well dan well done," jelas Chef Anton.

Ia menjelaskan, tingkat kematangan rare, bagian daging hanya matang pada bagian luarnya saja. 80 persen bagian dalamnya masih berwarna merah dan berair. 
 
Sementara itu, medium rare hampir mirip dengan rare, tapi 60 persen daging masih bewarna merah dan berair.
 
Jika tingkat kematangan medium, daging luar berwarna coklat dan daging bagian dalam matangnya hanya 40 persen. Bila dibelah warna daging akan terlihat pink.
 
"Tingkat kematangan ini paling digemari penikmat steak," jelas Chef Anton.
 
Untuk tingkat kematangan medium well, dagingnya hampir matang keseluruhan hanya ada 20 persen daging dalam berwarna pink dengan sedikit juicy.
 
Universal Steak SandwichGH Universal Hotel Bandung Universal Steak Sandwich
Untuk tingkat kematangan well done, daging sudah benar-benar matang. Tekstur daging sedikit keras dan tidak ada sarinya.
 
Sementara itu, untuk potongan daging yang ia sarankan adalah bagian tenderloin, sirloin, striploin, rib eye dan, T bone.
 

Tips memasak steak

Kamu bisa menikmati steak sesuai dengan tingkat kematangan yang diinginkan. Kamu bisa memasak daging di atas pan atau wajan teflon dengan durasi waktu tertentu setiap sisinya.
 
"Kalau mau (tingkat kematangan) medium per sisi 5 menitan, kalau mau well done, di 8 menit hingga 10 menit," kata Chef Anton.
Ilustrasi steak.SHUTTERSTOCK Ilustrasi steak.
 
Menurut Anton, tingkat kematangan daging bisa dilihat dari kekenyalannya. Kekenyalan daging tersebut dapat dicek dengan jari.
 
Sebagai contoh, jika ingin menikmati daging tingkat kematangan medium dengan suhu 60 derajat celsius, teksturnya sama dengan menggabungkan jempol dan jari manis lalu tekan jempolnya. Kamu bisa mengeceknya sebelum meniriskannya.
 
 "Kalau yang well done dimasak dengan suhu 80 derajat celsius, mengecek kematangannya dengan cara menggabungkan kelingking dengan jempol lalu tekan jempolnya," pungkas Chef Anton.



Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X